Kampus Merdeka Angkatan 5 Libatkan 38 Dinas Pendidikan di Jawa Timur

22 Januari 2023

Proses seleksi kepada mahasiswa pendaftar program Kampus Mengajar angkatan 5 telah selesai dilaksanakan.
 
Tercatat ada 22.000 mahasiswa yang lulus seluruh rangkaian seleksi. Dan mahasiswa peserta yang telah melakukan konfirmasi akan mulai bertugas secara serentak di sekolah-sekolah sasaran pada bulan Februari nanti.
 
Terekam 38 dinas pendidikan di Jawa Timur terlibat di program Kampus Mengajar Angkatan 5 ini, yakni Dinas Pendidikan Bangkalan, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Kabupaten Madiun, Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Kabupaten Pasuruan, Ponorogo, Kabupaten Probolinggo, Sidoarjo, Sampang, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kota Surabaya.
 
Maka untuk memastikan pelibatan dinas pendidikan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar kali ini, perwakilan dari dinas pendidikan dan BPMP (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan) diharapkan hadir di Forum Komunikasi dan Koordinasi BPMP dan Dinas Pendidikan bersama tim program Kampus Mengajar angkatan 5 tahun 2023
 
Kegiatan yang digelar melalui zoom meeting ini diadakan pada Selasa, 24 Januari 2023 mulai jam 9 pagi sampai 11 siang.
 
Perlu untuk difahami, Program Kampus Mengajar tidak semata-mata untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di tingkat pendidikan dasar. Namun program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa lulusan perguruan tinggi.
 
 
 
 
 
Dari hasil survey yang dilakukan oleh Kemendikbudristek, Merdeka Belajar Kampus Merdeka nyatanya sudah bukan sekadar kebijakan, tapi sudah jadi gerakan.
 
Melansir dari kemdikbud.go.id, sebanyak 179.000 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke telah mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek ini.
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sendiri melalui tim pelaksana program Kampus Mengajar mendapatkan apresiasi dari para kepala sekolah yang sekolahnya menjadi sasaran penugasan mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 4 lalu sejak 1 Agustus hingga 2 Desember 2022.
 
Apresiasi tadi disampaikan melalui pengisian survei akhir program Kampus Mengajar angkatan 4 yang menyatakan 95 persen dinas pendidikan di kota/kabupaten masing-masing mendukung pelaksanaan Kampus Mengajar.
 
Terkait dampaknya ke peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah, sebanyak 50 persen dari responden menyatakan bahwa program Kampus Mengajar sangat berdampak dan 44,4 persen menyatakan program Kampus Mengajar cukup berdampak bagi peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah.
 
Untuk mengetahui lebih detil dinas pendidikan dan BPMP yang diundang di Forum Komunikasi dan Koordinasi BPMP dan Dinas Pendidikan bersama tim program Kampus Mengajar angkatan 5 tahun 2023 ini, dapat dilihat di sini
 
(Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: