Kafe Ilmu Mindset Baru Perpustakaan Sekolah

Redaksi 18 Mei 2019

Sekarang ini kita berada di era revolusi industri 4.0, sebuah era ditandai perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang semakin canggih. Kecepatan dan cakupan informasi kian cepat dan beragam. Kondisi ini amat kontributif dan mencuatkan harapan positif bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Di sisi lain eksistensi perpustakaan yang selama ini menjadi ujung tombak mengembangkan budaya membaca dan literasi semakin tergerus peranannya dan tenggelam dalam ketidakberdayaan dan nyaris ditinggalkan. Koleksi perpustakaan seakan menjadi deretan buku-buku usang yang minim daya tarik.

Sesungguhnya, sebagai rangkaian dalam proses penjaminan mutu pendidikan, khususnya mewujudkan standar kompetensi lulusan yang literat, melek perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi maka perpustkaan sekolah harus berani  mereposisi dan mendiversifikasi fungsi-fungsi sekaligus bersinergi dan beradaptasi dengan era transformasi informasi.

Perpustakaan sekolah harus menawarkan inovasi dan kreasi agar terus melekat di hati dan terus dicari. Laksana kafe, perpustakaan sekolah perlu menyajikan menu-menu ilmu dan aktivitas keilmuan dengan penyajian berprinsip excellence service. Maka saatnya kita buka mindset baru perpustakaan sekolah menjadi ‘Kafe Ilmu’.

Poin dari Kamu (Kafe Ilmu) adalah:

- “Kamu” di era teknologi informasi; antara tantangan dan harapan berimprovisasi mewujudkan  perpustakaan kekinian yang instagrammable.

- “Kamu” mendukung Gerakan Literasi Sekolah

- “Kamu” mengubah Mindset dan Redesain layout perpustakaan

- “Kamu” membangun kolaborasi dan sinergi di perpustakaan

- “Kamu” menyuguhkan multi aktivitas positif, memotivasi dan inspiratif di perpustakaan

(Dr. Kusnohadi - Widyaiswara LPMP Jatim, penulis artikel, master trainer kepala sekolah dan guru, instruktur manajemen perpustakaan sekolah)

Tags: