Jangan Membuat Siswa Hanya Mendengar

Redaksi 15 September 2020

Dr. Rizqi, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur meminta para guru untuk membuat suasana kelas yang berdiskusi.

Hal tersebut sesuai dengan pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

"Dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, tentunya pesannya Pak Menteri yang pertama, buatlah kelas itu berdiskusi," ujarnya di Bimtek (Bimbingan Teknis) Perancangan Pembelajaran Luring (Luar Jaringan) Gelombang 2 Tahun 2020, Sabtu (15/8/2020).

"Jangan sampai siswa hanya mendengar satu arah dari guru."

Rizqi pun menjelaskan fungsi guru yang harus dimengerti dalam pelaksanaan pembelajaran.

"Guru sebagai fasilitator untuk menemukan pengetahuannya, keterampilannya, atau melatih bersikap yang baik," ungkapnya.

"Oleh karena itu ajaklah kelas itu berdiskusi sehingga siswa menjadi aktif dan tidak hanya pasif sebagai pendengar."

Sebab itu, ujar Rizqi, saat merencanakan pembelajaran para guru harus memilih metode, model, atau pendekatan pembelajaran yang membuat para siswa lebih aktif.

"Kalau nanti model pembelajarannya atau skenario pembelajaran di langkah-langkah pembelajaran tadi sudah mengarah pada pembelajaran yang mengajak siswa berdiskusi, kemudian setelah berdiskusi siswa saling menyampaikan pendapat, ide, menanggapi, dan mengkritisi, kelas akan menjadi berdiskusi," jelasnya.

Setelah kelas menjadi aktif, para siswa diharapkan bisa mempresentasikan hasil diskusinya.

Ini sesuai dengan pesan Mendikbud Nadiem Makarim yang kedua, yaitu memberi kesempatan siswa untuk mengajar.

"Ketika diskusi kelompok dilakukan, maka siswa akan mempresentasikan hasil diskusinya," terang Rizqi.

"Itu siswa akan terbiasa untuk mengajar kepada teman sebayanya, kepada siswa-siswa yang lain."

"Sementara, siswa-siswa yang lain akan memberikan tanggapan, memberikan ide, mengkritisi, sehingga kelas menjadi hidup dan terbiasa berdiskusi." (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Sampaikan Pesan Mendikbud untuk Guru, Kepala LPMP Jatim: 'Buatlah Kelas Berdiskusi, Jangan Satu Arah')

 

Tags: