Jambore Perkuat Jiwa Nasionalisme Bangsa

Redaksi 29 Maret 2019

Anak-anak generasi saat ini akan menjadi penentu bagaimana masa depan Indonesia. Maka, penerapan pendidikan karakter menjadi sangat penting.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menekankan hal ini pada pembukaan Jambore Pandu Sekolah Model 2019 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur (LPMP Jatim).

“Selain hal-hal terkait kepramukaan, peserta Jambore ini diharapkan juga belajar mengenai karakter bangsa Indonesia sebagai bentuk jiwa nasionalisme bangsa,” sarannya, Rabu (20/3/2019).

Pahlawan dan pejuang Indonesia di masa lalu telah menyepakati adanya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa. Keberagaman suku dan agama justru menjadi kekuatan negara ini, itulah karakter Indonesia sesungguhnya.

Sesuai dengan tujuan Jambore yaitu Penguatan Pendidikan Karakter dan Ekspresi Kebudayaan Provinsi Jawa Timur 2019, Puan mengajak peserta Jambore melakukan perubahan melalui revolusi mental dengan mengubah diri dari yang tidak baik menjadi baik. Salah satunya dengan mengembalikan lagi arah Indonesia.

“Jangan sampai bangsa ini terpecah belah dan Pancasila hanya kalimat saja tetapi tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Melalui kegiatan Jambore, Puan berharap anak-anak muda belajar mengenai banyak hal. Di antaranya mau berbagi dengan sesama serta dapat mengamalkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga tidak mudah terpengaruh hoaks. 

Ini sesuai dengan tujuan Jambore yaitu agar pikiran dan hati peserta dapat merasakan bahwa nasionalisme, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan ke-bhinekaan menjadi satu hal yang harus dijaga bersama-sama.

Menko PMK Puan juga mengajak masyarakat Indonesia harus bisa berkompetisi di era globalisasi agar tidak ketinggalan zaman. “Namun, jangan sampai melupakan akar kita sebagai bangsa Indonesia,” tegasnya.

Peresmian pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Menko PMK Puam. Hadir dalam acara ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua DPRD Surabaya Armuji, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, serta Kepala LPMP Jawa Timur Bambang Agus Susetyo sebagai tuan rumah. (Bagus Priambodo)

Tags: