Jaga Semangat Sportif O2SN Tahun 2019 di Semarang

Redaksi 27 Agustus 2019

Generasi Sehat, Generasi Tangguh diusung sebagai tema Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2019. Harapannya, anak-anak dapat memulai hidup sehat dengan berolahraga sehingga proses belajar dapat berjalan lancar.

Program pemerintah untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul pun tercapai. Kemampuan siswa tidak harus terbatas di bidang akademik saja. Jika mereka memiliki bakat di bidang olahraga tertentu, maka sekolah dan orang tua sebaiknya mendukung mereka. Salah satunya melalui pergelaran O2SN ini.

Maryono SSos MM, Kepala Seksi Sistem Informasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, berpesan agar peserta wakil Jatim ini selalu menjaga sportivitas bertanding. Sebab, kompetisi olahraga tidak selalu berupa adu kekuatan.

“Jalin persaudaraan dan persahabatan. Berteman sebanyak mungkin dengan tim dari provinsi lain,” sarannya di acara Koordinasi Pembekalan O2SN Jenjang SD Tingkat Nasional Tahun 2019 di LPMP Jatim, Jumat (23/8/2019).

Eka Ananda Arief Budi Rahardja SH MSi, Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, menuturkan agar peserta dan pendampingnya, baik pembina atau guru, dapat mengatur strategi untuk bertanding.

“Stamina tubuh dan strategi bertanding usahakan tidak terkuras banyak pada sesi awal,” ucapnya.

Aturan pertandingan juga ada perubahan maka perlu dicermati. Sementara itu, ukuran lapangan menggunakan standar internasional yang kemungkinan agak berbeda dengan tempat siswa biasa berlatih. Maka, mengenali lokasi pertandingan dan suasana sebelum hari H penting dilakukan.

“Tetap percaya diri, totalitas dalam berusaha dan bertandinglah dengan perasaan tanpa beban,” saran Eka.

Provinsi Jatim mengirim 25 siswa SD sebagai wakil untuk O2SN tingkat SD, SMP, dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Tahun 2019 di Semarang. Kegiatan olahraga yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ini berlangsung selama 25–30 Agustus 2019 dan diikuti 1.108 siswa dari 34 provinsi di Indonesia. Pada hari yang sama digelar pula O2SN tingkat SMA/SMK di Provinsi Banda Aceh.

Cabang olahraga yang dipertandingkan untuk siswa SD adalah bulu tangkis, renang, atletik, pencak silat, karate, dan senam. Untuk siswa SMP adalah olahraga atletik, bulu tangkis, renang, pencak silat, dan karate. Sementara untuk siswa PKLK antara lain bulu tangkis, atletik, catur, bocce, dan balap kursi roda.

Venue pertandingan tersebar di beberapa lokasi, seperti GOR Atletik Universitas Negeri Semarang (UNNES), kolam renang Kodam IV Diponegoro, GOR Universitas Semarang (USM), dan GOR Tri Lomba Juang. (Bagus Priambodo)

Tags: