Inovasi Datang dari Kebebasan

Redaksi 30 Desember 2019

Globalsasi & Strategi - Pertama, inovasi harus datang dari kebebasan karena dimerdekakan. Merdeka adalah kondisi ketika secara independen kita bebas melakukan apapun yang ingin kita lakukan. Bagaimana relasi antara pendidikan yang berasaskan kebebasan? Apakah hal itu efisien dengan  perkembangan zaman, mengingat aturan adalah indikator penting dalam segala tindakan?

Pencapaian kebebasan yang dimaksud adalah dalam hal berinovasi, berkreasi dan toleransi terhadap setiap kegagalan.

Membicarakan kegagalan, hal ini menjadi faktor utama yang harus ada dalam berinovasi. Inovasi datang dari kebebasan untuk mencoba hal-hal baru, namun inovasi tidak mungkin terjadi tanpa adanya toleransi terhadap kegagalan. Inovasi harus terdiri dari berbagai kegagalan yang bersinergi menjadi suatu perubahan.

Kedua, bahwa harus ada tindakan untuk menghilangkan sekat yang ada di antaranya. Sekat-sekat seperti pembeda antara sistem universitas milik swasta dan milik pemerintah, sekat pembatas interaksi antara mahasiswa dan dosen, guru dan murid, hingga sekat pembeda antar organisasi.

Saya organisasi A dan anda organisasi B, padahal kenyataannya kolaborasi akan menghasilkan buah-buah pemikiran baru yang bisa melebur membentuk inovasi. Sekat tersebut harus lebih dahulu dibuang jauh-jauh.

Dalam pidatonya pada kuliah umum di acara Musyawarah Nasional ke-5 Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (16/12/2019), Mendikbud Nadiem Makarim justru sangat menghargai berbagai perdebatan yang muncul dan berbeda antara satu dan lainnya. Perdebatan akan mewujudkan inovasi yang variatif untuk berkembang. Satu hal yang ditekankan Sang Menteri Millenial adalah sikap mengundang berbagai elemen manusia dalam diskusi penting masa depan bangsa. Semakin banyak pendapat yang berbeda-beda akan semakin tinggi tercipta kemungkinan dalam berinovasi. (Bagus Priambodo/Sumber narasi “You Tube Channel” Kemendikbud RI: https://www.youtube.com/watch?v=oN9D22yd0Y4/foto ilustrasi dipenuhi dari file dokumentasi sekolah-sekolah yang keunggulan/keunikannya pernah dimuat di rubrik inside school LPMP Jatim)

Tags: