Improvisasi Kekinian Unit Layanan Terpadu ULT BBPMP Jatim

Redaksi 28 September 2022

Menuju WBBM - Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur terus berinovasi untuk memberi manfaat kepada para stakeholder, khususnya para guru di Jawa Timur.
 
Salah satu terobosan yang baru pada Unit Layanan Terpadu atau ULT berupa layanan-layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Merdeka Belajar
 
Sama halnya dengan ULT online BBPMP Jatim yang dapat diakses melalui SILAT (Sistem Informasi Layanan Terpadu)
 
Terobosan ini diharapkan dapat semakin memudahkan para stakeholder untuk memperoleh informasi-informasi yang mereka butuhkan di era baru pendidikan Indoenesia saat ini.
 
Unit Layanan Terpadu ini dapat dimanfaatkan selama hari kerja, yakni setiap hari Senin hingga Kamis, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB, dengan waktu istirahat mulai pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.
 
Sedangkan di hari Jumat, layanan ULT dapat diakses mulai pukul 08.00 WIB hingga  pukul 16.00 WIB dengan waktu istirahat mulai pukul 12.00 WIB hingga 13.30 WIB.
 
Layanan-layanan disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan Merdeka Belajar yang dapat diakses para stakeholder melalui ULT ini meliputi layanan komunikasi kemitraan dan pemberdayaan, layanan perencanaan dan penjaminan mutu, layanan inovasi dan transformasi pembelajaran, serta layanan tata kelola.
 
Di layanan Komunikasi Kemitraan dan Pemberdayaan, BBPMP Jatim yang sebelumnya bernama LPMP Jatim, menyediakan sub layanan seperti konsultasi sertifikasi guru dan tunjangan profesi guru, kemitraan dengan Pemda, Data PTK atau Dapodik, serta NUPTK.
 
Sedangkan di layanan Data Perencanaan dan penjaminan mutu, sub layanan yang tersedia mencakup rapor pendidikan serta perencanaan berbasis data atau PDB.
 
Kemudian di layanan inovasi dan transformasi pembelajaran, sub layanan yang tersedia adalah terkait Program Sekolah Penggerak (PSP), implementasi kurikulum merdeka (IKM), serta akun belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar (PMM).
 
Terakhir, terkait dengan layanan tata kelola, sub layanan yang tersedia adalah terkait Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), lalu layanan peminjaman fasilitas wisma atau asrama, PAK Guru pangkat IV/b ke atas, serta yang tak kalah penting adalah Layanan Pengaduan Masyarakat atau Dumas.
 
Tak hanya itu, ULT ini juga memiliki program yang tak kalah penting yakni ULT-LINK atau ULT Keliling.
 
Program ULT Keliling ini pun dapat dilaksanakan baik secara luring maupun daring.
 
ULT Luring misalnya, telah dilakukan dengan kunjungan langsung ke kabupaten Situbondo, Banyuwangi, dan Gresik.
 
Sedangkan ULT Daring telah diimplementasikan melalui pertemuan Zoom terjadwal dengan stakeholder di Kabupaten Pacitan dan di Kabupaten Malang.
 
Selain ingin mendekatkan diri dengan stakeholder, terobosan ini juga diharapkan dapat mewujudkan pelayanan yang akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, serta kolaboratif.  (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: