Guru Penggerak Harus Berbagi Strategi Keberhasilan

Redaksi 10 November 2022

Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud Ristek, Dr Iwan Syahril Ph.D mengingatkan para guru untuk saling berkolaborasi da bersinergi demi mewujudkan keberhasilan kurikulum merdeka.
 
Foto headline: Dirjen PDM Kemendikbudristek Iwan Syahril berinteraksi, memotivasi, dan bernyanyi bersama para siswa SMAN 14 Surabaya, Kamis pagi (4/11/2022) di BBPMP Jatim
 
Dia tak menampik, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, ada banyak tantangan yang dihadapi para guru.
 
Namun, idealnya tantangan-tantangan itu dapat dijawab melalui sinergi yang baik dengan guru-guru lainnya.
 
Hal itu, kata dia juga sejalan dengan filosofi di balik program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak.
 
"Mengapa namanya penggerak? Ini karena kita ingin mengembalikan filosofi pendidikan kita pada kearifan lokal, yaitu gotong royong," kata dia.
 
"Kalau bagus, jangan sendirian. kalau bagus harus bisa menggerakkan yang lain agar ikut bagus. Maju sama-sama, jangan sendirian saja," sambungnya.
 
Iwan berharap, pengalaman-pengalaman bagus yang berhasil diterapkan oleh para guru di Surabaya, juga harus dibagikan ke daerah lain.
 
Apalagi, umumnya keberhasilan yang strateginya dibagikan oleh para guru kepada guru lainnya, jauh lebih mudah dipahami ketimbang teori-teori yang dibagikan di bangku kuliah.
 
"Yang dicontohkan oleh para guru yang berhasil, biasanya lebih mudah ditransfer ketimbang apa yang disampaikan di bangku kuliah karena lebih implementatif. Jadi lebih powerful apabila para guru saling sharing," sambungnya.
 
Iwan memastikan, tujuan akhir dari program Merdeka Belajar akan dicapai dengan waktu yang panjang. Karena itu, dia berharap agar para guru tetap konsisten dan "menjaga stamina". Caranya adalah dengan saling menguatkan.
 
Ini perjalanan agak panjang, tidak cepat selesai. Staminanya tolong dijaga, saling menguatkan. Pasti banyak kendala yang terjadi di setiap sekolah yang bisa diberi solusi oleh sekolah lain. Bahkan kalau ada persoalan, bisa kolaborasi untuk menyelesaikan," kata Iwan. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: