Gubernur Khofifah Desak Kepala Daerah Serius Wujudkan Jatim 100 Persen IKM di 2023

04 November 2022

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Pemprov Jatim mendukung penuh Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Jawa Timur.
 
Dia kembali menegaskan bahwa Pemprov Jatim memasang target, para tahun ajaran 2023/2024 mendatang, sekolah-sekolah jenjang SMA, SMK, dan SLB di Jatim sudah 100 persen menerapkan IKM secara mandiri.
 
"Saat ini sudah 77,18 persen. Secara khusus kita targetkan jenjang SMA, SMK, dan SLB di Jatim, seratus persen sudah menerapkan IKM pada tahun ajaran 2023/2024," kata gubernur Jatim dalam  launching gerakan akselerasi implementasi kurikulum merdeka dalam rangka peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Timur, Kamis (3/11/2022), di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya yang diselenggarakan oleh BBPMP Jatim dan Putera Sampoerna Foundation.
 
Dia menjelaskan, saat ini ada 4.044 sekolah jenjang SMA, SMK, dan SLB di Jawa Timur.
 
Dari jumlah itu, sekolah yang telah menjalankan IKM sebanyak 3.121 sekolah atau 77.18 persen. Ini adalah yang terbanyak di Indonesia.
 
 
Simak juga video Launching Akselerasi IKM di Jawa Timur berikut:
 
 
 
Untuk mendorong target 100 persen, Gubernur meminta para kepala daerah turut berkontribusi dengan mendorong sekolah-sekolah di wilayahnya menerapkan IKM.
 
"Kami berharap komitmen yang sama juga dimiliki oleh para bupati atau walikota di Jatim agar dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka di jenjang PAUD, SD, hingga SMP, yang menjadi kewenangan kabupaten/ kota,” imbuhnya.
 
Kepada para guru di Jawa Timur, gubernur Khofifah meminta agar mereka terus berjuang membekali para murid (siswa) dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.
 
Dia menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir, kompetensi sains, teknologi, engineering, serta matematika , semakin dibutuhkan dalam dunia kerja.
 
Selain itu, yang tak kalah penting adalah pengembangan karakter yang inisiatif, kolaboratif, dan inovatif (IKI). Bagi Gubernur, inilah yang paling dibutuhkan di zaman-zaman yang akan datang untuk Indonesia.
 
“Jadi, IKI jawabane,” pungkasnya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Gubernur Khofifah Desak Kepala Daerah Berkomitmen Wujudkan Target Jatim 100 Persen IKM pada 2023/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: