GSI, Pengingat Bagi Orangtua Mengawal Bakat Anak

Redaksi 22 Agustus 2019

Turnamen sepakbola bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama KONI dan PSSI, sejatinya bukan semata ajang untuk mencari kemenangan.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Sidoarjo, DR Karyanto Msi, ajang ini merupakan momen dan wadah terbaik untuk membangun karakter yang kuat pada anak.

“Saat ini bangsa kita membutuhkan karakter yang kuat. Karakter-karakter ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Yaitu, ketika kalah, harus mengakui kekalahan untuk selanjutnya belajar agar bisa menjadi lebih baik. Sebaliknya, ketika menang, boleh bergembira, tetapi jangan berlebihan,” ujar Sukaryanto dalam pembukaan GSI tingkat Jatim di Stadion GOR Delta, Sidoarjo, Senin (19/8/2019).

Tak cukup hanya itu. Karyanto juga menyebut bahwa ajang ini adalah momen bagi para orangtua untuk hadir bersama-sama dan melihat bagaimana bakat dan potensi anak-anaknya ditempa.

Menurut dia, pengawasan seperti itulah yang merupakan esensi dari pendidikan di mana orangtua hadir dan memastikan anak-anaknya mengembangkan bakatnya.

“Tugas kita sebagai orangtua adalah memastikan anak-anak kita yang penuh talenta ini sehingga bisa mewujudkan mimpinya setinggi langit. Itu tugas kita bersama, para orangtua dan pelatih,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Karyanto juga menyatakan harapannya agar prestasi para peserta tidak cukup dibuat hanya di ajang itu.

Lebih jauh dia memimpikan agar dari ajang ini, kelak akan lahir bibit-bibit olahragawan yang bisa mengharumkan Indonesia.

“Tidak cukup hanya sampai di sini. Kita berharap di masa depan bisa menyumbang prestasi bagi Indonesia di kancah dunia,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar GSI yang tahun ini memasuki pelaksanaan kedua.

Ajang turnamen sepakbola yang diikuti para pelajar SMP dari 34 provinsi ini digelar untuk mendukung instruksi presiden nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional sekaligus untuk mengembangkan karakter siswa.

Di tingkat Jawa Timur yang persiapannya juga bekerjasama dengan LPMP Jawa Timur, GSI digelar di Kabupaten Sidoarjo mulai 19 Agustus hingga 25 Agustus 2019 mendatang. Sebanyak 24 kota/kabupaten hadir sebagai peserta. Dari 24 tim tersebut akan keluar satu juara untuk mewakili Jawa Timur di Ajang GSI Tingkat Nasional pada 7 Oktober hingga 20 Oktober 2019 mendatang di Jakarta. (Bagus Priambodo)

Tags: