Gerbang Awal Menggapai Profesi Pengawas

Redaksi 20 Januari 2021

Pengawas memiliki peranan penting sebagai pembimbing dan pembina para guru. Oleh karena itu tidak semua orang bisa menjadi pengawas. Mereka yang ingin mengecap profesi sebagai pengawas harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu, diantaranya 'seleksi bakal calon pengawas sekolah'. Itu pun masih seleksi 'bakal calon pengawas', bukan seleksi calon pengawas
 
Mengapa  demikian? Karena para pengawas sejatinya harus memiliki kinerja yang selangkah atau beberapa langkah di depan kepala sekolah. Mereka juga harus selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pendidikan di sekolah-sekolah binaannya. sehingga orang-orangnya pun mestinya insan-insan pendidikan yang berkualitas, dan dari awal memang berniat memberikan yang terbaik untuk laju peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.
 
Bila benar itu yang akan terjadi, isu-isu lama tentang profesi pengawas sekolah yang kabarnya hanya dipandang sebagai tempat berlabuhnya pensiunan pejabat dinas dan kepala sekolah, akan dapat dipatahkan.
 
Oleh karenanya untuk mengetahui lika-liku dan ketatnya menggapai profesi sebagai pengawas sekolah, LPMP Provinsi Jawa Timur pada Selasa, 19 Januari 2021 menggelar secara daring Sharing Knowledge Seleksi Bakal Calon Pengawas Sekolah (BCPS) yang dibuka langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha LPMP Provinsi Jawa Timur, Rustamhari. (Kontributor video: WRS Nur Widodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur)
 
Selengkapnya dapat disimak pada video berikut:
 
 
 
 
 
 

Tags: