Gerakan Bersama Kuatkan Pemahaman Sekolah tentang Pembelajaran Paradigma Baru

Redaksi 16 November 2022

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur tindak lanjuti  launching akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Jatim beberapa waktu lalu (Kamis, 3/11/2022 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya) lewat program pendampingan pemahaman para pendidik tentang pembelajaran paradigma baru (berdiferensiasi) yang salah satunya melalui pemanfaatan Platform Merdek Mengajar (PMM)
 
Kegiatan bernama resmi Pendampingan Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma Baru Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 ini berlangsung selama 2 hari (17/11/2022 sampai 18/11/2022) di 38 kabupaten kota di Jawa Timur
 
Kepala BBPMP Jatim, Sujarno, M.Pd menegaskan, program ini bukan untuk memerintahkan teman-teman di kabupaten kota untuk segera mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi melalui IKM. Namun lewat kegiatan ini, ia berpesan kepada seluruh personel BBPMP Jatim untuk belajar dan berbagi bersama teman-teman di daerah tentang IKM, praktik pembelajaran berdiferensiasi dan pemanfaatan PMM untuk lebih memahami pembelajaran berdiferensiasi serta IKM.
 
“Jadi di sini bukan antara atasan dan bawahan, atau memerintahkan. Tapi di kegiatan ini kita bersama pemda bergerak bersama untuk sekolah dan belajar bersama tentang program merdeka belajar,” pungkas Sujarno.
 
Simak di bawah ini Pendampingan Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma Baru Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 di Sampang:
 
 
Kegiatan yang poin besarnya berfokus ke pembelajaran paradigma baru ini, di tiap kabupaten kota menyasar pada 5 Kepala Sekolah/Waka kurikulum (jenjang TK), 5 Kepala Sekolah/Waka kurikulum (jenjang SD), 5 Kepala Sekolah/Waka kurikulum (jenjang SMP), 5 Kepala Sekolah/Waka kurikulum (jenjang PKBM/SKB) dan 5 Kepala Sekolah/Waka kurikulum (jenjang SMA)
 
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini, tersosialisasinya kebijakan Kemendikbudristek terkait Pembelajaran Paradigma Baru, terjadinya peningkatan jumlah satuan pendidikan dalam pemanfaatan platform Platform Merdeka Mengajar di wilayah Provinsi Jawa Timur, adanya data keterlaksanaan implementasi Pembelajaran Paradigma Baru di satuan pendidikan, meningkatnya cakupan pengimbasan Pembelajaran Paradigma Baru, dan adanya data hambatan dan solusi pelaksanaan implementasi Pembelajaran Paradigma Baru.
 
Terkait pembelajaran paradigma baru (berdiferensiasi), Carol Ann Tomlinson di bukunya “The Differentiated Classroom” menyebutkan, pembelajaran paradigma baru (berdiferensiasi) mendorong guru mengajarkan siswa cara-cara tertentu untuk belajar sedalam dan secepat mungkin tentang sesuatu, tanpa menganggap bahwa kemampuan setiap siswa sama.
 
Guru-guru di kelas ini meyakini, para siswa harus memiliki standar yang tinggi. Mereka berusaha untuk memastikan siswa yang kurang mampu secara akademik, mampu secara akademik, atau perpaduan antara keduanya berpikir dan berusaha lebih dari yang seharusnya, mencapai lebih dari ekspektasi mereka, dan meyakini bahwa belajar juga menyangkut usaha, risiko, dan keberhasilan.
 
Carol juga menuliskan di buku tersebut, guru-guru ini juga menekankan kepada siswanya bahwa keberhasilan merupakan hasil dari kerja keras.
 
Berikut beberapa poin penting yang wajib diyakini para pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran paradigma baru (berdiferensiasi) menurut Carol Ann Tomlinson and Marcia B. Imbeau di bukunya ”Leading and Managing A Differentiated Classroom”:
- Setiap siswa berhak dihormati dan dihargai
- Keanekaragaman adalah hal yang pasti ada dan positif
- Kelas harus mencerminkan masyarakat yang kita ingin siswa kita jalani dan pimpin
- Kebanyakan siswa dapat belajar banyak hal penting dari bidang studi tertentu
- Siswa harus punya akses yang sama mendapatkan peluang belajar yang berkualitas
- Tujuan utama mengajar adalah memaksimalkan kemampuan setiap siswa
 
Dalam menguatkan pemahaman daerah (termasuk sekolah) tentang IKM yang di dalamnya memuat materi mengenai pembelajaran berdiferensiasi (paradigma baru), BBPMP Jatim juga bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation menggelar seri gurubinar yang episode perdananya tayang pada Kamis (17/11/2022)
 
Selengkapnya gurubinar episode perdana tadi dapat disimak divideo berikut:
 
Sumber: Guru Binar
 
Informasi lebih lanjut tentang gurubinar kerjasama BBPMP Jatim dan Putera Sampoerna Foundation dapat menghubungi bit.ly/HaloAdminGB (Bagus Priambodo/Judul asli berita: BBPMP Bersama Pemda, Terus Perkuat Pemahaman Sekolah tentang Pembelajaran Paradigma Baru dan Implementasinya/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: