FPTKI Jatim Siap Dukung BBPMP Jatim Meningkatkan Mutu Pendidikan TK

12 Januari 2023

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur mendapatkan kunjungan dari Forum Pengawas Taman Kanak-kanak Indonesia (FPTKI) Jawa Timur pada Kamis (12/1/2023).
 
Dalam kesempatan itu, kepala BBPMP Provinsi Jawa Timur, Sujarno M.Pd, menyatakan harapannya agar FPTKI Jawa Timur turut berkontribusi menyukseskan kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
 
Kata Sujarno, BBPMP Provinsi Jawa Timur mendapatkan amanah dari Kemendikbud Ristek untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang terkait dengan Merdeka Belajar, yang di dalamnya juga mencakup kebijakan tentang asesmen nasional, Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Perencanaan Berbasis Data, Laporan Pendidikan, dan Tata Kelola BOS atau BOP.
 
 
Untuk melaksanakan amanah-amanah tersebut, di BBPMP Provinsi Jawa Timur telah dibentuk 4 kelompok kerja dan 1 kelompok umum.
 
Kelompok kerja pertama memiliki tugas terkait komunikasi kemitraan dan pemberdayaan. Sesuai namanya, pokja ini juga memiliki fungsi terkait komunitas belajar dan organisasi mitra.
 
Sedangkan kelompok kerja kedua memiliki tugas terkait inovasi dan transformasi pembelajaran. Pokja ini membidangi program sekolah penggerak, implementasi kurikulum merdeka, dan platform merdeka mengajar.
 
Lalu kelompok kerja ketiga memiiliki tugas terkait data, perencanaan, dan penjaminan mutu pendidikan.
 
Sedangkan kelompok kerja keempat memiliki tugas terkait tata kelola satuan pendidikan.
 
Sujarno berharap, para pengawas TK yang tergabung dalam FPTKI Jawa Timur, turut serta menyukseskan kebijakan merdeka belajar, turut serta mensosialisasikan,  serta melakukan bimbingan.
 
“Karena memang tugas pengawas adalah melakukan pendampingan, supervisi, dan monitoring,” kata Sujarno.
 
Dia juga menginformasikan, saat ini juga sudah berdiri Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur.
 
“Beda tugasnya, kalau kami ada di arah kebijakannya dan advokasi ke pemerintah daerah, serta bagaimana kebijakan itu bisa dilaksanakan di daerah-daerah.
 
Semetnara BBGP tugasnya ada di peningkatan kompetensi tenaga pendidikannya. Jadi, untuk pelatihan-pelatihan pengawas, ada di sana. Tetapi, bagaimana pengawas ikut bergerak sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka, itu di BBPMP Jatim,” pungkasnya.
 
Sementara itu, ketua FPTKI Jatim, Yanto mengatakan, meski terbilang baru, FPTKI siap mendukung arah kebijakan pemerintah dalam memajukan pendidikan Indonesia, khususnya di Jawa Timur.
 
“FPTKI ini berdiri tahun 2019. Awalnya kami merasa saat itu belum punya ‘rumah kecil’. Memang sudah ada rumah besar, Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI). Tapi saat ada kegiatan-kegiatan yang mengundang pengawas, para pengawas TK ini jarang disentuh. Oleh Karena itu kemudian ada inisiatif untuk membentuk FPTKI,” urainya.
 
“Tanggal 18 maret 2019 ada deklarasi FPTKI di Jakarta. Namun kami siap untuk mendukung BBPMP Jawa Timur baik dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, Platform Merdeka Mengajar, dan hal-hal lainnya, khususnya di TK di Jawa Timur,” katanya. (Judul asli berita: Masih Organisasi Muda, FPTKI Jatim Siap Dukung BBPMP JawaTimur Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan TK/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

 

Tags: