Fokus Utama Zona Integritas dan WBK: Perubahan, Akuntabilitas dan Pelayanan Prima

Redaksi 02 Agustus 2018

Mengejar amanah yang tertera pada Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur mengenai pelaksanaan program reformasi birokrasi dan komitmen lembaga pemerintah dalam melakukan pelayanan prima bebas dari korupsi, LPMP Jawa Timur terus berbenah (sampai akhir tahun ini) agar menjadi lembaga yang benar-benar diakui (layak) memiliki Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (ZI/WBK).

Upaya pendampingan secara berkelanjutan utamanya dari "para ahli" ke tim ZI/WBK LPMP Jawa Timur selalu dilakukan. Diantaranya melalui Pendampingan Standar Pelayanan LPMP Jawa Timur Menuju Zona Integritas dan Wilayah Bebas dari Korupsi pada 31 Juli sampai 1 Agustus 2018.

Kegiatan yang bertempat di Hall Room Hotel Alana ini menghadirkan dua narasumber utama dari Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi), Agusdien Muttakien dan Hatni serta tim ZI/WBK LPMP Jawa Timur yang terbagi dalam 6 sub-area sebagai peserta, yakni: Area Manajemen Perubahan; Area Penataan Tata Laksana; Area Penataan Sistem Manajemen SDM; Area Penguatan Pengawasan; Area Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Diawali dengan penyampaian materi dari para narasumber Menpan RB, tim ZI/WBK LPMP Jawa Timur yang sebelumnya telah duduk melingkar sesuai bidang areanya masing-masing bebas berkonsultasi mengenai program yang mereka canangkan. Sebagai bentuk feedback, kedua narasumber yang hadir memberikan sumbangsih berupa masukan-masukan untuk perbaikan program yang dibentuk oleh tim ZI/WBK LPMP Jawa Timur.

Berbagai masukan tersebut selanjutnya dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh tiap-tiap area sebelum akhirnya mereka menyampaikan paparan final program kerja LPMP Jawa Timur guna memantapkan diri menuju lembaga ZI/WBK.

Kepala LPMP Jawa Timur, Bambang Agus Susetyo turut menghadiri acara tersebut. Dalam sambutanya beliau mengajak seluruh komponen yang ada di LPMP Jawa Timur bersinergi membangun LPMP Jawa Timur menuju lembaga yang pantas menyandang status Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi.

Bambang yang juga menyimak dengan seksama materi-materi narasumber dari Menpan RB juga tak lupa memberikan arahan-arahan lain di sela diskusi yang dilakukan oleh tim ZI-WBK LPMP Jawa Timur. Diantaranya, ia menuturkan mengenai tiga hal menjadi fokus utama dalam ZI/WBK yaitu perubahan, akuntabilitas dan pelayanan prima. Dia menegaskan pula, apabila ketiga hal tersebut telah dilakukan maka roh lembaga yang memiliki integritas dan bebas dari korupsi sudah dapat dilihat. (Mega Suryani/Bagus Priambodo)

Tags: