Dispendik Surabaya Sediakan Jalan Pintas ke Berbagai Info & Aplikasi Program Merdeka Belajar

22 Januari 2023

Kabar Mitra - Gamblang atau jelasnya  informasi menjadi hal yang mutlak dibutuhkan bagi para pelaksana Program Merdeka Belajar.
 
Namun, jelasnya informasi saja tidak cukup. Para pelaksana program tentu juga ingin berbagai akses informasi tentang Merdeka Belajar mudah mereka lacak atau telusuri.
 
Tanggap terhadap kebutuhan tadi, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya melakukan upaya jemput bola dengan menyediakan satu platform online yang memuat berbagai informasi tentang Merdeka Belajar.
 
Paltform yang oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya sendiri dimanfaatkan sebagai alat kontrol pelaksanaan program dan interaksi 2 arah dengan para guru dan tenaga kependidikan ini, direalisasinya dijadikan juga sebagai jalan pintas menuju ke masing-masing aplikasi dan informasi Program "Merdeka Belajar" Kemendikbud-Ristek
 
Herdi Sasmito, admin (operator) SIM PKB Dinas Pendidikan Kota Surabaya di pertemuan periodik Pokja Manajemen Operasional (PMO) Provinsi Jawa Timur yang digelar secara daring oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu (Kamis, 19/1/2023) menyebutkan ada lima (5) halaman prioritas di dalam platform interaktif satu pintu ini.
 
Pertama, ada halaman Sekolah Penggerak yang menampilkan panduan pendaftaran Sekolah Penggerak beserta linknya.
 
Selain itu dijelaskan juga di bagian ini tentang 5 intevensi Program Sekolah Penggerak (PSP). Dan untuk mengecek tentang perkembangan PSP di Kota Surabaya, tersedia juga dashboard Sekolah Penggerak khusus Kota Surabaya.
 
Yang kedua, halaman khusus Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).
 
Di bagian atau menu ini memuat panduan tentang IKM dan beberapa panduan tentang pemanfaatan PMM (Platform Merdeka Mengajar), seperti:
- Panduan Penggunaan PMM bagian instal dan masuk (login)
- Panduan Penggunaan PMM bagian bukti karya saya
- Panduan Penggunaan PMM bagian pelatihan mandiri dan video inspirasi
- Panduan Penggunaan PMM bagian menu kelas
- Panduan Penggunaan PMM bagian asesmen murid
- Panduan Penggunaan PMM bagian perangkat ajar
 
 
Selain juga tersedia link pendaftaran untuk IKM dan PMM serta berbagai unduhan seperti buku saku, infografis, kajian, pedoman dan berbagai hal terkait IKM dan PMM, dashboard tentang keduanya (IKM dan PMM) untuk Kota Surabaya juga dapat diakses di bagian (halaman) ini.
 
Lalu bagi yang menginginkan informasi mengenai Profil Pelajar Pancasila beserta referensi-referensi penunjang atau pendukungnya, dapat diakses juga di halaman Profil Pelajar Pancasila yang ada platform ini.
 
Yang ketiga, platform ini juga membantu pengguna mengakses dengan mudah informasi tentang Rapor Pendidikan.
 
Di halaman Rapor Pendidikan, memuat penjelasan tentang Rapor Pendidikan, infografisnya, link menuju Rapor Pendidikan dan dashboard Perencanaan Berbasis Data (PDB) serta Rapor Pendidikan untuk Kota Surabaya.
 
Dan yang keempat, platform ini turut memfasilitasi berbagai kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan terkait Guru Penggerak maupun SIM PKB seperti menu Panduan Pendaftaran Guru Penggerak, Pendaftaran Guru Penggerak, Infografisnya, Dashboard Guru Penggerak Kota Surabaya, login link PKB Personal, link tautan dengan akunbelajar.id dan chat dengan Admin SIM PKB Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
 
Terakhir, platform satu untuk semua (satu pintu) ini juga menyediakan menu-menu penting lain seperti Pencarian Data GTK, Registrasi Data GTK dan PPG Dalam Jabatan beserta dashboardnya.
 
Bagi para pengguna ingin mengakses berbagai hal di atas secara utuh, silahkan langsung kunjungi alamat atau link berikut: https://sites.google.com/dinas.belajar.id/merdeka-belajar-surabaya/home
 
Bila ingin langsung ke halaman atau menu-menu prioritas di aplikasi interaktif yang juga memuat laporan/dashboard  progress aktifiktas akun SIM PKB Kota Surabaya dalam jumlah dan grafik untuk semua jenjang di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya ini, dapat mengakses beberapa link berikut:
 
(Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

 

Tags: