Dindik Jatim Siap Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka yang Makin Masif

Redaksi 27 September 2022

Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur mendukung keinginan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur untuk menjadikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri di Jawa Timur semakin masif.
 
Apalagi, harus diakui bahwa IKM secara mandiri di Jawa Timur masih harus terus didorong.
 
Bahkan, kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr.Ir.Wahid Wahyudi, MT siap menyediakan fasilitas yang bisa dipakai untuk mewujudkan hal tersebut.
 
“Kita punya kantor di Jalan Jagir, Sidosermo, Surabaya. Kantor kita di sana cukup besar. Banyak ruangan yang bisa dimanfaatkan,” kata Wahid Wahyudi saat menerima kunjungan kepala BBPMP Jatim bersama sejumlah konsultan beberapa waktu lalu (Selasa, 20/9/2022).
 
 
“Nanti di sana bisa dibuat ruangan untuk MKKS Gabungan, lalu satu ruangan lagi untuk MKPS. Kemarin itu, untuk PAUD juga sudah kita siapkan,” imbuhnya.
 
Selain itu, Wahid Wahyudi juga mendukung dibentuknya proyek-proyek percontohan di daerah-daerah.
 
Apalagi, di daerah-daerah juga sudah ada cabang dinas Pendidikan.
 
“Katakan misalnya di Sidoarjo. Mungkin ada beberapa sekolah yang bisa dijadikan percontohan IKM. Artinya, di sana IKM Itu sudah terlaksana dengan baik. Saya berharap per daerah ada percontohan untuk studi banding bagi sekolah lain,” lanjutnya.
 
Wahid Wahyudi tak menampik, bahwa saat ini jauh lebih banyak sekolah swasta yang terlibat dalam IKM secara mandiri ketimbang sekolah negeri.
 
Namun baginya, itu semata karena jumlah sekolah swasta yang memang jauh lebih banyak di Jawa Timur ketimbang sekolah negeri.
 
Dia menyebut, sebanyak 78 persen dari 4.044 sekolah SMA dan SMK di Jawa Timur adalah sekolah swasta.
 
“Tapi kalau jumlah muridnya, masih banyak murid sekolah negeri. Sekitar 54 persen. Tetapi kita juga harus berterimakasih kepada swasta ini karena mereka turut mengambil tanggung jawab negara untuk mencerdaskan bangsa. Padahal mereka cuma dapat BOSDA, yang itu jumlahnya juga tergantung pada jumlah muridnya,” jelasnya.
 
Kepala BBPMP Jawa Timur, Sujarno, juga sepakat bahwa dukungan swasta untuk meningkatkan mutu pendidikan serta untuk memastikan IKM terlaksana dengan baik, sangat dibutuhkan.
 
Karena itu, BBPMP Jatim juga terus berupaya memperbanyak jumlah mitra-mitra pembangunan yang berasal dari sektor swasta.
 
“Mitra-mitra pembangunan ini akan membantu kita untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Timur,” ucapnya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Dinas Pendidikan Jatim Siap Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka yang Makin Masif/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image dan Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: