Bimtek Literasi & Numerasi Daring

Redaksi 09 November 2021

Jakarta, 5 November 2021 -- Masih dalam rangkaian kemeriahan Hari Guru Sedunia yang diperingati setiap 5 Oktober dan Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar bimbingan teknis (bimtek) literasi dan numerasi secara mandiri dalam jaringan (daring). Acara ini diselenggarakan melalui platform Ayo Guru Belajar mulai tanggal 5 November sampai dengan 23 Desember 2021 yang dapat diakses melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Iwan Syahril mengatakan, kebutuhan kompetensi abad ke-21 menuntut setiap individu untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, serta mampu berkolaborasi. Oleh karenanya kecakapan literasi dan numerasi amat diperlukan. “Atas dasar itulah Program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi menjadi hal yang penting dalam mempersiapkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Hal ini diharapkan dapat berimbas kepada kualitas peserta didik dan mutu pendidikan Indonesia,” tuturnya dalam sambutan yang disampaikan secara daring pada Jumat, 5 November 2021.

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi adalah suatu program yang dirancang untuk meningkatkan dan menguatkan kapasitas dan kapabilitas pendidik di bidang keterampilan literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar dan Berbagi. “Sasaran Program Guru Belajar dan Berbagai Seri Literasi dan Numerasi ini adalah para guru, kepala sekolah, dan pengawas di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah baik di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN),” terangnya.

Secara umum program ini diharapkan dapat menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi dasar, implementasi, dan praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia

Program Guru Belajar Berbagi seri yang merupakan seri ke-9 ini juga dihadirkan untuk pendidik agar mereka secara terus menerus dan berkelanjutan dapat terus belajar dan memperoleh beragam pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan peserta didik yang cerdas, tangguh dan berkarakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Secara rinci, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto menjabarkan tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi. Pertama, untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Kedua, agar para pendidik mampu mengaplikasikan kemampuan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri dan peserta didiknya.

Ketiga, untuk meningkatkan kemampuan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam berpikir logis, sistematis dan di luar kebiasaaan untuk memahami berbagai persoalan hidup, memecahkan kendala dan tantangan yang dihadapi serta mengembangkan gagasan, potensi dan sumber daya yang dimiliki.

“Peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis daring Seri Literasi dan Numerasi sampai tuntas, akan diberikan sertifikat 32 jam pelajaran. Adapun desain Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi, yaitu: orientasi program literasi dan numerasi, bimbingan teknis program literasi dan numerasi, serta program pengimbasan program literasi dan numerasi,” jelas Rachmadi.  

Salah satu peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini, Direktur Sekolah Sahabat Alam Palangkaraya, Rizki Tajuddin berpendapat ketika seorang anak merdeka melakukan sesuatu, berarti anak itu tahu bahwa itu merupakan kebutuhannya, itu bermanfaat untuk dirinya, dan anak itu mampu untuk melakukannya. “Ketika tiga hal ini ada yang tidak ada, maka dia (peserta didik) ini akan merasa terpaksa,” ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Pinang, Imam Syafi’I berharap melalui program ini sekolahnya bisa menjadikan tempat bagi para guru untuk saling belajar dan berbagi dalam seri literasi dan numerasi. “Kita telah melakukan asesmen nasional di tahun pertama, harapannya pemahaman anak didik kita semakian meningkat terutama di bidang literasi dan numerasi,” ungkapnya.

Ada pun jadwal pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis untuk angkatan 1 berlangsung pada tanggal 9 s.d. 15 November 2021, angkatan 2 berlangsung pada tanggal 16 s.d. 22 November 2021, angkatan 3 berlangsung pada tanggal 23 s.d. 29 November 2021. Selanjutnya, angkatan 4 berlangsung pada tanggal 30 November 2021 s.d. 6 Desember 2021, angkatan 5 berlangsung pada tanggal 7 s.d. 13 Desember 2021, angkatan 6 berlangsung pada tanggal 14 s.d. 20 Desember 2021, angkatan 7 berlangsung pada tanggal 21 s.d. 27 Desember 2021, serta Angkatan 8 berlangsung pada 28 Desember s.d 3 Januari 2022. (www.kemdikbud.go.id/Judul asli berita: Kemendikbudristek Gelar Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi Secara Daring/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: