Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah

Redaksi 17 Juli 2018

Tahap awal dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPME) adalah pemetaan mutu pendidikan yaitu kegiatan pengumpulan data mutu dari satuan pendidikan dengan memberdayakan pengawas sekolah sebagai petugas pengumpul data. Data yang terkumpul selanjutnya akan diolah dan dianalisis dan dibuat dalam bentuk peta mutu pendidikan yang  nantinya akan menjadi dasar dalam membuat perencanaan program pendidikan baik secara nasional maupun daerah. Untuk memperlancar kegiatan pengumpulan data tersebut, maka di adakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah yang bertujuan untuk mempersiapkan calon fasilitator daerah agar mampu melatih pengawas sekolah yang akan melakukan pengumpulan data mutu sekolah. 

Para Fasisilitator daerah tersebut diharapkan mampu memahami dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengumpulan data mutu satuan pendidikan (persiapan, Bimbingan Teknis, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi), mampu memahami dan menjelaskan isi instrumen pengumpulan data mutu satuan pendidikan, mampu berperan sebagai fasilitator dalam penyiapan pengawas sekolah sebagai koordinator dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu pendidikan pada satuan pendidikan. 

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpul Data Mutu Pendidikan Tahun 2018 yang bertempat di LPMP Jawa Timur pada tanggal 02 s.d 04 Mei 2018 diikuti oleh 107 (seratus tujuh orang) orang yang terdiri dari Widyaiswara/Tenaga Fungsional Lainnya di LPMP Jawa Timur, serta unsur pengawas yang berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kota di Jawa Timur. Adapun dana Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpul Data Mutu Pendidikan Tahun 2018  seluruhnya dibiayai dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) LPMP Jawa Timur Tahun 2018.

Tags: