Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidik Dapodik Tahun 2020

Redaksi 30 Juli 2020

Dunia pendidikan di Jawa Timur masih menyimpan sejumlah problem terkait data. Akibat pengelolaan data yang tak maksimal tersebut, ada kerugian-kerugian yang harus ditanggung pemerintah.

Salah satunya ada sekolah-sekolah yang sudah tutup, tetapi disinyalir masih menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Berita juga: Mewujudkan Dapodik yang Lebih BerkualitasPerlunya Sempurnakan Kualitas dan Kuantitas Dapodik Mengintip Aplikasi Dapodik Versi 2021

Lalu ada juga yang tidak kalah menarik, tidak sedikit sekolah aktif, tetapi tidak memutakhirkan data di dalam Dapodiknya.  

Selain menyebabkan kerugian yang ditanggung oleh pemerintah, sejumlah kesalahan dan keterlambatan sinkronisasi data juga menyebabkan kerugian untuk para siswa.

Oleh karenanya, para operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) didorong untuk intens melakukan sinkronisasi data ketika ada data-data yang perlu dimutakhirkan atau di-update.

Dengan kata lain, pemutakhiran data harus dilakukan setiap ada informasi-informasi baru, baik terkait siswa maupun guru.

Harapan pemerintah untuk mewujudkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang berkualitas dilakukan dengan tidak main-main. Anggaran besar pun siap dikucurkan untuk mewujudkan hal tersebut.

Namun, meski manajemen infrastruktur terus diperkuat, hal itu tidak akan berfungsi optimal tanpa diimbangi kinerja terbaik dari mereka yang bertugas melakukan entri data.

Karena itu, langkah-langkah pembinaan terus dilakukan terhadap mereka yang bersentuhan langsung dengan sistem dapodik agar tidak memberatkan sistem.

Diantaranya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Dapodik yang diselenggarakan oleh Seksi Sistem informasi LPMP Jawa Timur secara daring sebanyak 8 angkatan, mulai tanggal 20 Juli sampai 29 Juli 2020

 

Berikut materi-materi kegiatan ini yang dapat diunduh (didownload): Pendidikan di Masa Covid-19Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2021Tata Kelola dan Informasi Data PendidikanOptimalisasi Kualitas Dapodik Tahun 2020Dikdas Jatim Belum Singkron Tahun 2020 (saat bimtek berlangsung)Dikmen Jatim Belum Singkron Tahun 2020 (saat bimtek berlangsung)Gambatan Umum Portal Data PendidikanPayung Hukum Tata Kelola dan Informasi Pendidikan & Langkah-langkah Melihat Sekolah yang Belum Melakukan Singkron

Rekaman video atau audio kegiatan: -- on progress --

 

 

 

 

Tags: