Berbagi Praktik Baik ke BPMP Aceh Dalam Mengawal Program Merdeka Belajar di Jawa Timur

Redaksi 18 November 2022

Menuju WBBM - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Aceh pada Kamis (17/11/2022) berkunjung ke Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jatim melakukan benchmarking salah satunya mengenai langkah atau praktik baik mengawal pelaksanaan program Merdeka Belajar di Jatim.
 
Selain itu tim BPMP Aceh menggali juga berbagai upaya BBPMP Jatim dalam mewujudkan  ZI-WBK (Zona Integritas - Wilayah Bebas dari Korupsi) dan ZI-WBBM (Zona Integritas - Wilayah Bersih Bebas Melayani).
 
Menyambut baik niat BPMP Aceh, Kepala BBPMP Jatim, Sujarno, M.Pd didampingi Kepala Bagian Umum, Dr. Rizqi beserta jajarannya memaparkan kinerja dan capaian serta beberapa program dan inovasi yang saat ini sedang berjalan khususnya dalam mendukung program Merdeka Belajar.
 
Terkait program dan inovasi, selain yang mendukung program prioritas dari Kemendikbudristek, dipresentasikan juga beberapa program dan inovasi yang mendukung upaya BBPMP Jatim menuju ZI-WBBM.
 
 
Beberapa rekomendasi Kemenpan RB tahun lalu yang menjadi perhatian penting pihaknya turut pula disampaikan ke peserta studi banding, diantaranya perlunya BBPMP Jatim meningkatkan komitmen pembangunan ZI WBBM hingga level individu agar tercipta birokrasi yg mampu memberikan pelayanan lebih berkualitas dan berintegritas serta memberikan dampak nyata.
 
Rekomendasi berikutnya, mereview kembali penetapan target kinerja agar lebih SMART dan meningkatkan penerapan budaya layanan yang prima.
 
Tim BBPMP Jatim juga berbagi tentang beberapa aktivitas pendampingannya ke daerah yang meliputi pemantauan data/rapor sekolah, pelaporan ke kepala dinas pendidikan setempat dan pengiriman tim pendamping ke daerah.
 
Tak hanya itu, BBPMP Jatim juga memfasilitasi kegiatan dari dinas pendidikan kabupaten/kota tentang pendalaman pemahaman dan wawasan mereka tentang Program Merdeka Belajar dengan tempat gratis yang dinarasumberi oleh widyaprada BBPMP Jatim.
 
Sujarno beserta tim juga memaparkan berbagai kerja keras dan cerdas BBPMP Jatim dalam mengakselerasi dan memasifkan diterima, difahami dan dilaksanakannya berbagai program Merdeka Belajar di daerah.
 
Kerja keras dan cerdas tadi seperti diterapkannya mekanisme pertemuan rutin seninan (internal) untuk memperdalam pemahaman dan wawasan tim PMO (Program Management Office) tentang program Merdeka Belajar beserta strategi komunikasi dan advokasinya ke daerah.
 
Menyertai upaya tadi, BBPMP Jatim mengajak para pemangku kepentingan di daerah, pengawas sekolah dan mitra pembangunan untuk berkolaborasi khususnya dalam mengawal Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) berbasis Rapor Pendidikan.
 
Di kesempatan itu, tim BBPMP Jatim juga menyampaikan ke peserta studibanding perlunya pengetahuan mengenai dinamika politik daerah, goal, outcome, area pendampingan, menentukan jadwal periodik pertemuan PMO (minimal sekali sebulan), adanya pendampingan konsultatif ke daerah yang dapat dilakukan setiap saat dan menyelaraskan jumlah tim PMO dengan jumlah kabupaten/kota yang didampingi. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: