Belajar Luring, Alternatif Atasi Siswa Bosan

17 September 2020

Junie Darmaningrum, S.S, M.Pd, Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan sudah banyak peserta didik atau siswa yang bosan belajar daring.
 
Ia pun memberikan solusi pembelajaran daring sebagai alternatif agar siswa tak bosan belajar.
 
Hal itu ia sampaikan dalam acara Bimtek Perancangan Pembelajaran Luring Gelombang 2 Tahun 2020 yang dilakukan secara daring, Sabtu (15/8/2020).
 
"Sering kita melihat dan mendengar banyak keluhan dari peserta didik mengalami kebosanan, kebosanan melaksanakan pembelajaran daring misalnya," ujar Junie.
 
"Nah pembelajaran luring maupun kombinasi antara pembelajaran luring dan daring bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kebosanan yang dialami peserta didik kita."
 
Dalam acara ini, Junie juga memberikan penjelasan dan contoh Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) moda luring untuk para guru.
 
Sebelum melakukan PJJ, para guru harus menentukan materi dan media pembelajaran untuk peserta didik terlebih dahulu.
 
Materi pembelajaran dikembangkan melalui Kompetensi Dasar 3 (pengetahuan) dan juga harus disesuaikan dengan program semester.
 
"(Menyesuaikan) berapa alokasinya untuk semester ini, materi apa saja, atau kompetensi apa aja yang harus diberikan dan seterusnya," terang Junie.
 
"Untuk pemilihan Kompetensi Dasarnya pun sekarang pemerintah memberikan keleluasaan, menggunakan kurikulum 2013 atau darurat, atau bahkan menyusun kurikulum sendiri, jadi sesuai dengan kebijakan di sekolah."
 
Kemudian guru juga harus menyusun berdasarkan sumber-sumber belajar serta mendesain secara simpel, menarik, dan berkecukupan.
 
Terlebih di masa pandemi, kata Junie, materi dibuat sesederhana mungkin agar bisa diterima peserta didik karena tak ada tatap muka.
 
"Penyampaiannya harus sederhana, desain menarik dan berkecukupan," tegasnya.
 
Terakhir dalam penentuan materi pembelajaran bisa dalam bentuk ringkasan materi, peta konsep, atau mind mapping. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Pembelajaran Luring Bisa Jadi Alternatif Bila Murid Bosan Belajar Daring)

Tags: