BBPMP Jatim Kuatkan Kolaborasi dengan Pemda melalui Berbagai Jalur Kemitraan

23 Desember 2022

Kolaborasi menjadi kunci suksesnya penjaminan mutu pendidikan. Termasuk dalam mengimplementasikan program dan kebijakan Merdeka Belajar.
 
Maka penguatan kerjasama atau kemitraan antara pusat dan daerah perlu untuk dilakukan dan dikembangkan.
 
Agar hal tersebut terwujud, salah satunya pada 26 dan 27 Desember 2022, BBPPM Jatim melakukan silaturahmi, konsultasi dan diskusi ringan tentang penjaminan mutu pendidikan dengan pemerintah daerah (pemda) di Jawa Timur yang gawangi oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kota.
 
Seperti disebutkan sebelumnya, prioritas kegiatan ini ke penguatan kemitraan antara pusat dan daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Timur melalui Program Sekolah Penggerak (PSP), Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Perencanaan Berbasis Data (PDB) dan Tata Kelola Satuan Pendidikan (DAK Fisik dan Non Fisik).
 
 
Dapatkan berbagai layanan program prioritas Kemendikbudristek termasuk informasi tentang Merdeka Belajar di sini
 
Manfaatkan juga Unit Layanan Terpadu (ULT) online kami di  Silat dan Bel (Bantuan Eksporasi Laman) kami di 085732044301 untuk menanyakan tentang PSP, IKM, PDB dan Tata Kelola Satuan Pendidikan (jawaban akan kami kirim ke penanya, maksimal 3 hari kemudian di jam kerja)
 
Simak juga Webinar Sosialisasi Rancangan Kebijakan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Tahun Anggaran 2023 berikut:
 
 
Ada delapan (8) jalur kemitraan yang bisa dilakukan dan dikembangkan oleh kedua belah pihak.
 
Pertama, kemitraan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan. (contoh bermitra dengan Putera Sampoerna Foundation melalui seri gurubinar IKM: Mempelajari Pembelajaran yang Peduli ke Keunikan, Potensi & Karakter Tiap Siswa dan Analisa CP, Tentukan Tujuan Pembelajaran yang Terukur, Spesifik, Fleksibel & Otonom)
 
Kedua, kemitraan untuk penguatan koordinasi dan komunikasi.
 
Dapatkan info tentang media publikasi kami di Sekelumit tentang Media Komunikasi Publik BBPMP Jatim
 
Ketiga, kemitraan dukungan pelaksanaan program. (contoh dukungan akses informasi tentang literasi dan numerasi dengan format e-book dari INOVASI dapat ditemukan di sini)
 
Keempat, kemitraan melalui kerjasama forum kemitraan.
 
Kelima, kemitraan dalam pembiayaan.
 
Keenam, kemitraan dalam bentuk bantuan non fisik.
 
Ketujuh, dukungan personil.
 
Kedelapan, kemitraan lainnya yang disepakati dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. (beberapa poin penting tentang kemitraan dapat dilihat di sini)
 
Sasaran diskusi ini adalah Tim PMO Transformasi Pembelajaran (Program Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka ) dan Tim PMO Tata Kelola (Perencanaan Berbasis Data dan Tata Kelola Satuan Pendidikan).
 
Namun bila kedua tim tadi belum terbentuk, maka dinas pendidikan dapat menghadirkan atau menugaskan beberapa personelnya seperti:
- Pejabat/Staf yang menangani PSP
- Pejabat/Staf yang menangani yang menangani IKM
- Pejabat/Staf yang menangani yang menangani PBD
- Pejabat/Staf yang menangani yang menangani Tata Kelola Satuan Pendidikan
 
 
Selain memperkuat kemitraan, kegiatan ini juga merupakan Advokasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan ke Pemerintah Daerah untuk menyinkronkan atau menyelaraskan program kebijakan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait empat program tadi (PSP, IKM, PDB dan Tata Kelola Satuan Pendidikan).
 
Tujuannya untuk mengetahui kebijakan dan program prioritas pendidikan di daerah serta mengetahui kendala dan solusi yang dialami daerah dalam melaksanakan kebijakan dan program prioritas Kemendikbudristek.
 
Terkait langkah strategis yang diambil daerah agar implementasi berbagai kebijakan dan program-program prioritas tadi terakselerasi dan makin maksimal pelaksanaannya, beberapa kabupaten bahkan telah berkomitmen dan memaksimalkan dukungannya dengan menerbitkan peraturan bupati (perbup) tentang Penyelenggaraan Program Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Masyarakat (saat ini telah sampai di tahap draft perbup: Kediri dan Bondowoso). (Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)
 
Silahkan unduh (download) beberapa materi penting berikut:
 
Silahkan membaca secara online dua materi berikut:
 
Perluas cakrawala anda tentang pendidikan di Jelita e-book
 
Akses juga beberapa berita (info) berikut:

Tags: