Australia Dukung Gelitik Guru di Jatim

Redaksi 18 Mei 2021

Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur telah melakukan uji ahli pengembangan instrumen kompetensi TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) guru pada 28 April 2021 lalu. Kegiatan itu juga diikuti dengan serangkaian kegiatan pengembangan instrumen lainnya.
 
Selain instrumen, perangkat lain yang perlu untuk dikembangkan dalam Program Pengembangan Kompetensi TIK bagi guru SD dan SMP di Jawa Timur atau Gelitik (Gerakan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi) Guru Jawa Timur adalah modul-modul pelatihan serta modul supervisi, termasuk di dalamnya perangkat monitoring dan evaluasi.  
 
*Podcast: Cara Menumbuhkan Kegemaran Membaca pada Anak

Karena itu, PTP LPMP Provinsi Jawa Timur menjalin kemitraan dengan InovASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) Jawa Timur didukung penuh oleh Kementerian Perdagangan dan urusan Luar Negeri Australia atau Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia, untuk melakukan kegiatan pengembangan modul.

Kemitraan ini diawali dengan pertemuan secara virtual yang digelar pada 7 Mei 2021 malam. Agenda pertemuan tersebut adalah membahas teknis persiapan pengembangan modul dan LMS (Learning Management System).

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Michael Adri selaku direktur Program InovASI Jawa Timur yang didamping Jupri sebagai Learning Specialist serta Agus Prihantoro yang bertindak sebagai IT Specialist atau LMS Developer.

Sedangkan PTP LPMP Provinsi Jawa Timur diwakili oleh Istas Bintoro, Setyorini, Budi Tri Cahyono, dan Wahsun.

Dalam pertemuan virtual itu, dua tim bertukar pikiran dan mendiskusikan bahan serta materi yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan modul peningkatan kompetensi guru jenjang SD dan SMP, khususnya tentang program pelatihan penyusunan desain pembelajaran dengan model Flipped Classroom berbantu Google Workspace for Education dengan akun belajar.id.

Setelah pertemuan tersebut, rencananya akan digelar pertemuan berikkutnya pada 24 dan 25 Mei untuk membahas penyusunan modul-modul yang digunakan sesuai dengan konsep program, yaitu pengembangan kompetensi guru dengan pendekatan 3 level kompetensi TIK yang wajib dikuasai guru menurut Unesco, yaitu literasi digital (level 1), pendalaman pengetahuan (level 2), dan kreasi pengetahuan (level 3).

Dari kegiatan-kegiatan ini, diharapkan nantinya dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan pendidikan, khususnya dalam hal kompetensi literasi dan numerasi siswa di Jawa Timur. (Istas Bintoro – PTP di LPMP Provinsi Jawa Timur/Judul asli berita: PTP LPMP Jatim Dapat Dukungan Pemerintah Australia untuk Dongkrak Kompetensi Guru/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan Tim PTP LPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: