5 Cara Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Anak

Redaksi 05 Desember 2021

Global Knowledge - Membaca merupakan bagian penting untuk membangun literasi yang kuat. Membaca juga menjadi salah satu tugas paling menantang yang harus dilakukan para siswa dikelas. Ini karena membaca membutuhkan konsentrasi dan waktu.
 
Berikut adalah tips membaca dengan mudah:
 
Membaca bersama
 
Membaca buku bersama memiliki banyak manfaat. Hal ini merangsang perkembangan bahasa dan membaca itu sendiri serta menanamkan kepercayaan diri pada pembaca (di sekolah salah satunya adalah siswa). Selain itu juga dapat menciptakan sikap membaca yang positif dan memperluas kecakapan berbicara dan berbahasa.
 
Tetapkan tujuan-tujuan
 
Apakah itu untuk membaca sejumlah halaman dalam sehari, atau menyelesaikan sejumlah buku perbulan, anak-anak akan dapat memperoleh manfaat dari adanya penetapan tujuan-tujuan aktivitas membaca yang dilakukannya. Menetapkan tujuan juga dapat membuat membaca lebih menyenangkan oleh karena itu akan lebih mudah bagi anak- anak untuk membaca.
 
Mencari tema-tema umum 
 
Mintalah siswa Anda mencari tema-tema umum (mengkaitkan bacaan dengan konteks kehidupan nyata sehari-hari) saat mereka membaca. Membuat siswa mengumumkan (menyampaikan) tema yang diperolehnya ke kelas (saat pembelajaran) adalah cara yang tepat untuk memperkuat pembelajaran mereka.
 
Mencatat sambil membaca
 
Mencatat sambil membaca memaksa siswa untuk memperhatikan dan dapat membantu melatih ingatan mereka. Anda bisa juga meminta siswa membuat ringkasan (rangkuman) diakhir bab atau menggaris bawahi keterangan yang dirasa penting.
 
Ajukan pertanyaan tentang apa yang mereka baca
 
Untuk menstimulasi pemahaman bacaan, ajukan pertanyaan sebelum, selama dan setelah membaca, misalnya, “Menurut Anda apa yang akan terjadi?”, “Apakah Anda senang membaca buku ini? Mengapa ?”, atau “Apakah Anda akan melakukan hal yang sama seperti karakter utama?” (Diana Triastuty/Jelita (Jendela Literasi Kita)/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)
 

Tags: