2 Daerah di Jawa Timur Jadi Pilot Project Peningkatan Kompetensi Literasi & Numerasi

12 Januari 2023

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur dan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur mendapat mandat dari Kemendikbud Ristek RI untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi di Provinsi Jawa Timur (Jatim).
 
Sebagai langkah awal, dua lembaga ini akan berkolaborasi menggarap wilayah kabupaten Sumenep dan Kabupaten Nganjuk. Dari tindakan yang akan dilakukan di 2 wilayah tersebut, hasilnya akan dijadikan best practice di tingkat nasional. 
 
Menurut Kepala BBGP Provinsi Jawa Timur, Drs. Abu Khaer, M.Pd, pemerintah memiliki target meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi. Setidaknya, dalam penilaian PISA 2024 mendatang, kompetensi literasi dan numerasi pada siswa di Indonesia bisa melompat lebih jauh dari posisinya saat ini.
 
Kata dia, pada target pemerintah pada 2024, skor PISA Indonesia di bidang literasi bisa mencapai angka 396. Sedangkan skor PISA di bidang numerasi, diharapkan bisa mencapai angka 388.
 
“Tantangan kita, di Jawa Timur, kurang dari 50 persen siswa belum mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca dan numerasi,” ujarnya.
 
Lebih luas lagi, pada 2020, Unesco telah merilis data minat baca Indonesia masih seperseribu persen. Kemudian, berdasarkan PISA 2028, Indonesia masih menempati rangking ketujuh dari bawah, dari 70 negara yang dinilai. 
 
Secara spesifik di 2 kabupaten yang menjadi sasaran program peningkatan kompeteni literasi dan numerasi ini, tantangannya menjadi semakin berat karena masih rendahnya minat atau kesadaran guru untuk belajar mandiri.
 
“Implementasi program literasi numerasi di daerah juga masih belum menunjukkan hasil yang signifikan,” imbuhnya.
 
Karena itu, untuk memastikan tingkat kompetensi literasi dan numerasi di kedua kabupaten sasaran dapat meningkat setelah dijadikan pilot project, BBGP dan BBPMP Provinsi Jawa Timur benar-benar melakukan persiapan yang matang.
 
“Kita punya waktu 9 bulan ke depan yang dimulai akhir Januari nanti. Setelah memperoleh data, kita akan susun desainnya, lalu menetapkan personalianya, melakukan sosialisasi, pendampingan-pendampingan, serta apresiasi serta refleksi sebagai tahapan evaluasi. Tujuannya hanya untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi di kedua kabupaten tersebut,”; tuturnya.
 
“Semua ini dedikasi kita untuk Jawa Timur,” pungkasnya.
 
Dukungan Balai Bahasa 
 
 
Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jatim, Dr. Umi Kulsum, M. Hum menyampaikan, pihaknya menyambut baik serta siap berkolaborasi dalam project ini.
 
Kata dia, banyak informasi yang dimiliki oleh Balai Bahasa Provinsi Jatim terkait literasi yang dapat dimanfaatkan untuk project peningkatan kompetensi literasi di 2 kabupaten sasaran.
 
Selain itu, Balai Bahasa Provinsi Jatim juga telah memiliki banyak program untuk pengembangan literasi.
 
“Balai Bahasa sudah punya beberapa program untuk pengembangan literasi, khususnya bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah. Ada beberapa kegiatan yang jadi fokus kami, yakni literasi, internasionalisasi bahasa Indonesia, serta revitalisasi Bahasa Daerah. Tiga kegiatan itu kemudian dijabarkan jadi 7 kelompok kepakaran,” tuturnya. 
 
Selain itu, pada 2022 dan 2023, Balai Bahasa Provinsi Jatim telah melakukan beberapa hal. Di antaranya mendata jumlah komunitas literasi di Jawa Timur, kemudian sarasehan dan bimtek untuk pengelola komunitas literasi, serta melakukan kegiatan literasi ke sekolah-sekolah.
 
“Kami juga ada kegiatan bengkel bahasa dan bengkel sastra.  Di dalamnya ada pelatihan jurnalistik untuk siswa-siswa, serta musikalisasi puisi,” kata dia.
 
Disinggung soal PISA, dia juga menyebutkan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur telah memiliki contoh soal yang dapat dipelajari sebelum dilakukan penilaian PISA.
 
“Intinya kami siap memasok data yang dibutuhkan. Khususnya di 2 kabupaten sasaran. Apapun informasi soal literasi yang tadi sudah kami lakukan, semoga bisa dikolaborasikan,” pungkasnya. (Judul asli berita: BBPMP, BBGP dan Balai Bahasa Jatim Siap Kolaborasi Meningkatkan Kompetensi Literasi di Jawa Timur/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: