100 Tahun Sistem Pendidikan Finlandia

Redaksi 17 Januari 2019

Intip Pendidikan di Finlandia 2 - Pentingnya pendidikan sebagai faktor kesuksesan suatu negara disadari Finlandia sejak akhir abad 19. Mereka paham Finlandia membutuhkan warga yang terpelajar dan mempunyai budaya membaca. Hal tersebut memicu pemerintah segera mendirikan sekolah dasar yang melayani pendidikan dasar umum bagi anak-anak.

Sejumlah sekolah dasar didirikan di munisipalitas-munisipalitas di seluruh Finlandia pada awal abad 20. Hukum yang mengatur wajib belajar ditetapkan pada 1921. Kebijakan itu mengharuskan siswa memenuhi sekolah dasar setidaknya selama enam tahun.

Kurikulum Nasional pertama disusun pada 1925. Saat itu, sudah ada sekolah secondary dan lyceum di Finlandia yang dimulai sejak awal tahun 1800-an. Tetapi, jumlahnya baru meningkat setelah Perang Dunia II.

Pada tahun 1970-an, terjadi transformasi sistem pendidikan, yaitu sistem sekolah dasar dan secondary diubah menjadi sistem sekolah komprehensif. Sistem ini terdiri dari sembilan tahun pendidikan dasar yang dikelola oleh munisipalitas, serta sembilan tahun pendidikan extended compulsory (khusus untuk anak disabilitas dan penderita penyakit).

Reformasi sekolah dan sekolah komprehensif ini ditujukan agar semua anak memperoleh pendidikan dasar gratis dan merata. Tentu tanpa memandang tempat atau status sosio-ekonomi keluarganya.

Kronologi Sistem Pendidikan Finlandia:

1921

Akta wajib belajar, untuk anak-anak usia 7 hingga 13 tahun, ditetapkan.

1948

Makan siang gratis di sekolah mulai diterapkan.

1958

Wajib belajar diperpanjang hingga dua tahun

1971

Jadwal lima hari sekolah diimplementasikan.

1972

Reformasi sekolah komprehensif mulai berlangsung.

2006

Reformasi kurikulum inti.

2016

Reformasi baru kurikulum inti.

(finfo/paluu/Bagus Priambodo/Marta Nurfaidah)

Tags: