Topik:

Penelitian Buktikan Siswa Akan Belajar Lebih Banyak melalui Pembelajaran Aktif

Kamis, 04/11/2021 WIB   169
aktif lerna

Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran aktif membuat siswa bisa belajar lebih banyak dibandingkan pembelajaran pasif.

Active learning atau pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang meminta siswa untuk terlibat penuh dalam proses pembelajaran.

Mereka dibiasakan untuk berpikir (thinking), berdiskusi (discussing), menyelidiki (investigating) dan mencipta (creating).

Sehingga, dalam pembelajaran aktif bisa terjadi diskusi, kolaborasi, hingga problem solving atau pemecahan masalah.

Sebaliknya, di metode passive learning atau pembelajaran pasif, siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran.

Komunikasi antara siswa dan pengajar berjalan satu arah, siswa hanya menerima informasi yang diberikan dari pengajar.

Louis Deslauriers, pengajar senior di Departemen Fisika, dan Direktur Sains, pengajaran dan pembelajaran di Universitas Harvard membuktikan keefektifan pembelajaran aktif.

Dalam penelitiannya, Louis mengungkapkan siswa merasa lebih banyak belajar dari pembelajaran pasif, namun itu hanya perasaan mereka saja.

Louis bercerita, ia sering mendengar siswa yang merasa diajar dengan begitu baik oleh pengajar, beberapa di antaranya dianggap luar biasa.

“Pada dasarnya mereka memberitahuku bahwa mereka memiliki bias kognitif ini,” ujarnya dalam Science Podcast yang disiarkan pada Jumat (1/10/2021).

“Ini perasaan belajar yang kami ukur, jadi itu sebabnya ada disonansi kognitif bahwa penelitian baru tampaknya mengatakan, tidak, Anda tidak belajar.”

“Apa yang mereka pelajari berbeda dari persepsi mereka tentang berapa banyak hal yang mereka pelajari,” timpal pemandu Science Podcast, Sarah Crespi.

Louis Deslauriers lalu memberi contoh perbandingan yang ia lakukan dalam penelitian bersama timnya.

Mereka melakukan eksperimen pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran aktif dan pasif, keduanya sama-sama belajar fisika pengantar besar.

Hasilnya, meski siswa yang belajar dengan metode pembelajaran pasif merasa belajar banyak dari pengajar yang kompeten, siswa yang belajar dengan metode pembelajaran aktif mendapat hasil lebih baik.

“Secara konsisten siswa belajar lebih banyak di metode pembelajaran aktif, dan itu tidak mengejutkan,” ungkapnya.

Louis pun menegaskan bahwa merasa belajar banyak dan betul-betul belajar banyak itu berbeda dan tidak ada korelasinya. Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran aktif membuat siswa bisa belajar lebih banyak dibandingkan pembelajaran pasif.

(Bagus Priambodo/Sumber: Science Podcast/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari  Google Image)

 

 

 

 

 

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)