Topik:

Pembelajaran Aktif selama Pandemi Bermanfaat untuk Eksplorasi Fungsi Eksekutif Anak

Kamis, 04/11/2021 WIB   283
ortuuu

Proses belajar daring secara aktif selama pandemi dipercaya memiliki manfaat untuk mengeksplorasi fungsi eksekutif anak.

Melalui Science Podcast yang disiarkan pada Jumat (1/10/2021), Sarah Crespi membahas tentang fungsi eksekutif anak bersama Yuko Munakata, peneliti sekaligus profesor di Departemen Psikologi dan Pusat Pikiran dan Otak di University of California, Davis.

“Executive functions (EF), kemampuan individu untuk memulai inisiatif, beradaptasi, mengatur, memantau, dan mengendalikan proses informasi dan perilaku”

Yuko menjelaskan, secara garis besar fungsi eksekutif pada anak dapat memungkinkan mereka untuk lebih terampil dan fokus dalam melakukan lebih dari 1 hal.

“Fungsi eksekutif mengacu pada keterampilan yang kita bawa untuk menghadapi masalah sulit,” jelasnya.

“Misalnya, ketika kita membuat sebuah rencana, tapi kita perlu fokus saat ada banyak hal yang terjadi di sekitar kita, maka kita perlu bertindak secara fleksibel.”

Sehingga, kita bisa mengelola semua pikiran dan tindakan untuk mencapai tujuan dengan cara kita sendiri.

Yuko Munakata melanjutkan, ada sebuah penelitian dari Profesor Sibian Dobble yang memanfaatkan fakta bahwa anak didik lebih banyak berada di rumah selama proses pembelajaran di era pandemi.

Ia mengumpulkan informasi bagaimana cara anak belajar di rumah dan menghabiskan waktu dengan orang tua mereka, kemudian menghubungkannya dengan fungsi eksekutif mereka.

Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa anak yang belajar di rumah selama pandemi memperlihatkan fungsi eksekutif yang lebih baik.

“Di Sekolah Montessori, anak dibebaskan dari kegiatan yang terstruktur, mereka bisa membuat beragam pilihan sendiri,” ujar Yuko memberikan contoh lainnya.

“Mereka bisa mengikuti minat mereka sendiri dan bermain di lingkungan sekolah, beberapa bukti pun menunjukkan Sekolah Montessori lebih meningkatkan fungsi eksekutif anak dibandingkan sekolah biasa.”

Nantinya, sambung Yuko, ada banyak keuntungan di kemudian hari yang akan didapat anak ketika ia memiliki fungsi eksekutif diri yang lebih baik.

Termasuk dalam hal akademik, finansial, pertemanan, dan banyak lainnya, memiliki fungsi eksekutif yang baik sangat berharga untuk anak.

Namun, Yuko menegaskan ada resiko jika orang tua terlalu fokus untuk mengembangkan fungsi eksekutif anak dan melakukannya terlalu dini.

Karena, memiliki fungsi eksekutif yang rendah saat usia dini akan lebih menguntungkan untuk anak belajar hal-hal yang ada di dunia ini, bukan untuk mencoba memecahkan semua masalah dan fokus pada bermacam-macam tujuan.

Ini diperlukan sebab mereka bisa memproses informasi tentang hal-hal yang mereka dapat, belajar tentang lingkungan, budaya, dan banyak hal di sekitar mereka.

“Jadi, fungsi eksekutif itu bersifat adaptif, saya sarankan untuk tidak terburu-buru melakukannya pada anak.”

(Bagus Priambodo/Sumber: Science Podcast/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari  Google Image)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)