Topik:

Pamekasan Antusias Diseminasikan Gelitik Guru

Jumat, 14/01/2022 WIB   308
IMG-20220113-WA0002

Modul Gerakan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gelitik) Guru yang telah disusun oleh Tim Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Provinsi Jawa Timur pada tahun 2020 bersama dengan Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) mulai dilatihkan di tingkat provinsi yang diikuti oleh perwakilan guru dari 38 Kabupaten/Kota pada tanggal 13 sampai dengan 15 September 2021 di LPMP Provinsi Jawa Timur termasuk perwakilan guru dari Kabupaten Pamekasan. Dari 3 modul yang dikembangkan, baru dibimbingkan untuk modul 1 tentang Google Workspace Education (GWE).

Selanjutnya, Kabupaten Pamekasan dimana 4 orang pesertanya yang telah mengikuti bimtek tingkat provinsi di LPMP Provinsi Jawa Timur yakni: Dikis Robiatul Adawiyah, S.Pd; Novia Petronella Kuway, S.Pd; Dewi Halilah, S.Pd; dan Nurvita Susilawati Ningsih, S.Pd dengan antusias menyebarluaskan hasil bimtek Gelitik yang sudah mereka terima di Kabupaten Pamekasan. Sehingga pada 20 November 2021 digelar Bimtek Gelitik Modul 1 (diseminasi) di Kabupaten Pamekasan yang diikuti oleh total 78 Peserta yang terdiri dari ketua KKG (Kelompok Kerja Guru) dengan penganggaran biaya sepenuhnya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan.

Dengarkan juga Podcast MSG untuk PendidikanCara Menumbuhkan Kegemaran Membaca pada AnakMenumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak dengan Membuka Ruang Rasa dan Emosinya4 Strategi Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia SD dan RemajaMemetakan Kemampuan Numerasi Siswa SD Kelas Awal melalui Asesmen Diagnosis dan Mengajak Anak Usia SD Menyukai Menulis, Tidak Cukup dengan Memintanya Duduk Tenang dan Menulis

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Hotel Berlian Pamekasan dan dibuka secara langsung oleh tokoh literasi dari Pamekasan Fatimatus Zahrah, M.Pd yang juga sebagai Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Pamekasan. Hasil dari bimtek perdana di Kabupaten Pamekasan ini ternyata disambut baik oleh peserta. Dimana peserta mendapatkan materi pengenalan akun belajar dan penggunaan aplikasi yang terdapat pada Google Workspace Education (GWE) sebagai bahan ajar digital yang bisa digunakan dalam pembelajaran secara daring maupun luring. “Kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat untuk pendidik. Apalagi sebagai kabupaten literasi, pendidik juga berperan menciptakan gerakan literasi, minimal di kelasnya masing-masing. Saya berharap para pendidik yang mengikuti pelatihan ini dapat segera mempraktikkan di sekolah masing-masing dan menjadikan kegiatan ini sebagai revitalisasi gugus di Kabupaten Pamekasan,” ungkap Fatimatus Zahrah.

Kegiatan lanjutan yakni bimtek Gelitik ke-2 dilaksanakan pada 30 November 2021 di Gedung PKP-RI Pamekasan yang diikuti oleh 78 Peserta yang terdiri dari Ketua KKG (Kelompok kerja Guru) dengan tema yang serupa yaitu penggunaan aplikasi Google Workspace Education (GWE) dalam proses pembelajaran.

Salah satu peserta yakni Ahmad Munahi, S.Pd dari SDN Ponjanan Timur 1 Kecamatan Batumarmar mengungkapkan sangat senang mengikuti bimtek dan mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang pemanfaatan sumber digital sebagai bahan ajar. “Bimtek ini semakin membuka wawasan saya agar lebih kreatif membuat bahan ajar. Dengan bahan ajar yang menarik maka akan berdampak pada antusiasme siswa untuk belajar yang juga semakin meningkat, saya juga dapat memanfaatkan google form untuk memberikan tugas kepada siswa saya, ini sangat membantu saya dan murid ketika proses pembelajaran berlangsung secara daring ataupun tatap muka terbatas,” terangnya.

Untuk mengukur kesuksesan pelatihan ini, di awal sebelum mengikuti pelatihan telah dilakukan pre-test untuk mengetahui prosentase pengaktifan dan penggunaan akun belajar yang menunjang proses pembelajaran baik luring maupun daring dimana hasilnya masih 36% pendidik yang menggunakan akun belajar untuk mendukung pembelajaran. Namun setelah dilakukan 2 kali kegiatan bimtek dan dilanjut pengukuran post-test, terjadi kenaikan menjadi 77% pendidik yang telah memanfaatkan akun belajar untuk mendukung pembelajaran.

Kenaikan sebesar 41% ini tentunya sangat menggembirakan. Fatimatus Zahrah selaku Kepala Bidang SD sekaligus pegiat literasi di Kabupaten Pamekasan berharap setelah bimtek ini, ada target yakni seluruh pendidik yang telah mengikuti bimtek dapat membuat website masing-masing dengan menggunakan fitur Google Site yang tersedia di Google Workspace Education (GWE). “Program ini merupakan program lanjutan yang akan dilaksanakan ke depan dengan harapan guru-guru bisa lebih kreatif dan inovatif untuk membuat bahan ajar digital,” pungkas Fatimah.

(Dikis Robiatul Adawiyah – Guru SD di Pamekasan/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)