Topik:

Modul Gelitik Dilatihkan ke 1.064 Pendidik

Kamis, 07/04/2022 WIB   432
WhatsApp Image 2022-04-06 at 16.38.28 (1)

Modul Gelitik (Gerakan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang dikembangkan oleh Tim PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) LPMP Provinsi Jawa Timur pada tanggal 24 sampai 25 Mei 2021 lalu bersama-sama dengan INOVASI Jawa Timur, telah mulai disebarluaskan di 38 kab/kota se-Jatim.

Sejak 17 Maret 2022 dan berakhir pada 2 April 2022, Modul Gelitik di diseminasikan oleh Tim LPMP Provinsi Jawa Timur kepada 1.064 pendidik dari 38 kab/kota yang dibagi dalam 8 angkatan. Setiap angkatan diikuti sekitar 130-135 peserta dari 5-6 kab/kota yang dilaksanakan masing-masing selama 3 hari.

Kegiatan ini berjudul Bimbingan Teknis Pengelolaan  dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran  bagi Guru SD Angkatan (ada 8 angkatan) Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi TIK guru dalam menggunakan Google Workspace for Education (GWE) dengan akun belajar.id.

Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran  Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 ini adalah guru dapat menggunakan Google Workspace for Education (GWE) dengan akun belajar.id dan mampu mengembangkan bahan ajar digital khususnya website pembelajaran.

*Saksikan juga Peluncuran Merdeka Belajar Episode 19: Rapor Pendidikan Indonesia berikut: 

Unduh: Paparan Mendikbudristek: Rapor Pendidikan IndonesiaBuku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Daerah dan Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan

Dengarkan juga Podcast MSG (Mikir Sing Genah) untuk Pendidikan di Anchor dan Spotify 

Materi di Modul Gelitik yang diberikan adalah Unit 1- Pengenalan Akun Pembelajaran; Unit 2 – Pemanfaatan GWE; Unit 3 – Memanfaatkan Google untuk Pembelajaran; ditambahkan materi Kebijakan Implementasi akun @belajar.id; Pengenalan Platform Merdeka Mengajar; Pre – Post Test; dan Evaluasi Kegiatan.

Syarat pendidik yang mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah guru SD kelas 5 dan 6; mampu mengoperasikan komputer; mempunyai kemauan untuk belajar; bersedia mengikuti kegiatan secara berkelanjutan; bersedia melakukan pengimbasan kepada KKG; dan sanggup menyelesaikan semua penugasan dari fasilitator.

Hasil evaluasi kegiatan ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Sebanyak 72,9% peserta menyatakan bahwa modul/media yang digunakan dalam kegiatan dapat memperjelas pemahaman peserta. Dan sebanyak 93,2% peserta menyatakan bahwa kegiatan ini relevan dengan profesi para pendidik.

(Dian Kusuma Dewi – STA East Java Communication Officer/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)