Majalah Median Edisi 3 Tahun 2020

Sabtu, 06/02/2021 WIB | 1096

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini telah mengubah banyak hal. Pada siswa, tak ada lagi aktivitas berkumpul seperti bermain bersama, saling berkunjung, ataupun berwisata. Bagi orang tua siswa, ada juga dampak besar seperti aktivitas bekerja. Yang dahulunya dilakukan di luar rumah, kini sebagian besar lebih banyak beraktivitas dari rumah.

Kini, sekolah sudah tidak lagi mengadakan tatap muka secara langsung. Siswa dan guru terpaksa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet (daring) maupun di luar jaringan internet (luring).

Peralihan cara pembelajaran seperti ini, tentu tak mudah dilakukan. Kondisi darurat dan serba dadakan, tentunya membuat kaget semua pihak. Wabah Corona (Covid-19) telah menuntut kita belajar beradaptasi menjalankan proses pembelajaran dengan cara dan suasana yang benar-benar baru.

Awalnya, guru sempat khawatir dengan pembelajaran secara online (daring). Dikhawatirkan siswa akan jenuh, kurang bersemangat, dan merasa bosan. Kekhawatiran ditambah oleh adanya sikap orang tua siswa yang pesimis dengan pembelajaran daring ini.

Namun kekhawatiran yang dirasakan oleh guru ternyata tak terjadi. Karena pada kenyataanya banyak juga siswa yang sangat antusias dan senang walaupun belajar hanya di hadapan gadget saja. Apalagi ketika melihat guru yang selalu tampil ceria, dan mampu menambah motivasi siswa untuk belajar.

Harapannya pembelajaran di masa pandemi ini membuat guru terus kreatif dan berinovasi untuk memotivasi dan menanamkan karakter terbaik ke siswa-siswanya.

Semoga para siswa juga guru terus selalu bersemangat dan istiqamah tak pernah terhenti menjalani kegiatan ini sampai nanti pertemuan tatap muka sudah bisa digelar secara aman.

Kondisi sudah sulit, mari bersama-sama membuatnya menjadi lebih baik khususnya bagi pendidikan kita

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)