Majalah Median Edisi 2 Tahun 2019

Jumat, 05/07/2019 WIB | 276

Pendidikan di era industri 4.0, nilai tidak lagi menjadi konsen utamanya. Namun skill, kompetensi, karakter dan kepribadian menjadi fokus utamanya.

Pendidikan di abad ini setidaknya menuntut siswa memiliki keterampilan berkolaborasi, berfikir kritis, kreatif dan inovatif.

Empat kebijakan Merdeka Belajar memberi paradigma baru kepada kita untuk makin terbuka dan sadar bahwa penilaian pun tidak lagi hanya sebatas penilaian kognitif namun juga afektif dan psikomotorik.

Era ini menjadi jembatan pula menuju pendidikan masa depan yang tidak lagi hanya mengedepankan bukti fisik administrasi.

Kepercayaan terhadap guru faktanya semakin tinggi. Penyekap kreatifitas guru berinovasi, yaitu RPP, kemasannya menjadi jauh lebih simpel.

Guru menjadi lebih bebas dalam mendesain pembelajaran yang efisien tanpa digandoli muatan-muatan yang malah membebani dan menghambat eksplorasinya.

Sebagian orang menganggap perubahan adalah hal yang menyulitkan dan penuh kerepotan. Namun, satu hal yang sebaiknya kita pegang, jangan terburu kaget dengan pola perubahan. Santai aja lah. Tidak perlu terburu menghakimi dan membanding-bandingkan dengan sistem sebelumnya. Terlebih memvonis gagal sebelum mencoba.

LPMP Jatim
BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)