Topik:

Jelita, Ujung Tombak Digital Lorong Redaksi LPMP Jatim yang Serba Ada

Sabtu, 30/10/2021 WIB   332
20211031_064322

Lored (Lorong Redaksi) adalah salah satu ujung tombak Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  Provinsi Jawa Timur untuk menjangkau dan membantu lebih banyak stakeholder/customer nyaman dalam mengakses informasi-informasi pendidikan melalui media-media transparansi publik LPMP Provinsi Jawa Timur

Selama pandemi Covid-19, Lorong Redaksi yang kerap menjadi jujugan bagi para kepala sekolah dan guru yang ingin berkonsultasi terkait penulisan jurnal dan artikel, seolah lumpuh. Maklum, pandemi ini memang membuat semua aktivitas tatap muka lumpuh demi mencegah agar penularan Virus Corona tidak semakin meluas.

Namun hal ini tak lantas membuat Lored henti berinovasi. Dengan memanfaatkan Jelita (Jendela Literasi Kita), tim Lored berusaha menjangkau para stakeholder/customer dan tetap berusaha memberikan mereka layanan terbaik. Bisa dibilang, Jelita adalah salah satu senjata andalan tim Lored yang masih berproses agar tetap bisa memberi manfaat pada para stakeholder/customer LPMP Provinsi Jawa Timur dan masyarakat pada umumnya.

Jadi, Jelita adalah salah satu kategori atau rubrik di laman LPMP Provinsi Jawa Timur yang diproyeksikan menjadi lumbung informasi pengayaan, wadah interaksi, sekaligus ruang baca online. Sesuai fungsinya, rubrik ini berusaha memasok berbagai konten pengayaan terkait pendidikan, baik itu konten yang sifatnya konten ilmiah maupun konten berita, yang diharapkan dapat memberi wawasan baru kepada para pembacanya.

Konten-konten ini pun tak melulu dari dalam negeri. Tak sedikit, konten-konten pendidikan yang berasal dari publikasi-publikasi di luar negeri yang dipasok ke dalamnya. Lewat konten itu, diharapkan para pembacanya dapat mengetahui terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi pendidikan yang sedang berkembang di negara lain dan dapat mengadopsinya dalam menerapkan praktik pembelajaran sehari-hari.

Dengan kata lain, melalui Jelita, ide, praktik baik, strategi dan lain-lain tadi diharapkan dapat menyebar lebih luas dan cepat khususnya di Jawa Timur, dan diadopsi/digunakan sesuai kebutuhan stakeholder/customer dalam berkegiatan menuju ke mutu dan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Tim yang mengembangkan rubrik Jelita ini pun tahu bahwa agar menarik untuk dibaca, sebuah konten perlu dikemas secara menarik. Karena itu, konten yang dibagikan dalam Jelita tak melulu dalam bentuk artikel-artikel ‘berat’. Banyak pula konten yang dikemas dalam berbagai format kekinian seperti infografis, podcast, video, dan lain sebagainya.

Pola interaksi yang dibangun dalam rubrik Jelita pun bukan interaksi yang sifatnya satu arah. Di sini, para pembaca juga bisa berinteraksi, berdiksusi, serta membagikan ide, pengetahuan, dan gagasan, baik melalui tulisan, video, podcast, ilustrasi, infografis, dan lain sebagainya. Pembaca pun bisa mengajukan permintaan untuk membahas topik tertentu, kemudian berkonsultasi dan bertanya, atau berdiskusi untuk membuat catatan dan opini bersama.

Prinsipnya, dengan semua upaya itu, tim yang bekerja di balik Jelita, ingin terus mendekatkan dunia kepada para pembaca demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik, dengan cara yang atraktif, sederhana, menghibur namun konstruktif.

Dalam layanan Jelita, saat ini banyak layanan dan inovasi yang sedang dikembangkan (hampir semuanya masih dalam proses/mohon maaf masih belum aktif) agar membuat layanan ini menjadi semakin menarik. Dengan banyaknya layanan yang tersedia, Jelita ibarat toko serba ada yang bisa diakses siapa saja yang ingin belajar dan berbagi.

Apa saja? Mari simak satu persatu:

Bangku Sekolah (Bantu Dong Aku Seputar Sekolah) – Ini merupakan layanan sharing dan konsultasi online di Jelita mengenai cara, trik,  strategi, menggali dan memunculkan inovasi maupun improvisasi dalam mengimplementasikan merdeka belajar, nilai-nilai Pelajar Pancasila, penguatan pendidikan karakter, gerakan literasi sekolah, memaksimalkan higher order thinking skill (HOTS), kemampuan abad 21 dan aktivitas positif lain di sekolah.

Dalam layanan ini juga terdapat konten-konten terkait praktik baik pendidikan yang dapat ditiru dan dikembangkan oleh para pembacanya.

Kemudian, agar semakin menarik, pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan sedang menjadi isu utama, berpeluang dikemas menajdi topik bahasan tersendiri dalam Podcast.

Doli (Dokter Literasi) – Ini adalah layanan konsultasi  online yang membantu agar karya-karya tulis yang dihasilkan para siswa, guru, kepala sekolah, maupun pengawas sekolah, dapat menjadi lebih menarik dan layak dibaca. Di layanan ini juga tersedia beberapa contoh template tulisan ilmiah, berita, opini, catatan, dan feature yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk membangun karya tulisnya sendiri.

Lajur (Layanan Jurnal) Ilmiah – Ini merupakan layanan konsultasi online yang khusus menampung tulisan-tulisan ilmiah, khususnya bagi para pendidik golongan 4b ke atas yang memang sangat membutuhkan publikasi artikel ilmiah. Di sini, keseluruhan proses mulai dari konsultasi awal, submit artikel, hasil review dari penyunting, hingga konsultasi hasil review, dilakukan secara online. Layanan ini pun terintegrasi pula dengan layanan Dokter Literasi.

Cerito Komplit (Komunitas dan Penggiat Literasi) – Ini adalah salah satu subkategori di layanan Jelita yang menggerakkan para penggiat literasi (jurnalis, para diaspora Indonesia di luar negeri, siswa, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dll) untuk berbagi cerita inspiratif seputar perkembangan terkini budaya literasi, khususnya di negara-negara maju yang peringkat PISA terbarunya berada di urutan 20 besar.

Karena turut melibatkan jurnalis, diharapkan para guru dan para stakeholder/customer lainnya yang berminat dapat sekalian belajar menulis kepada mereka melalui model ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Rudi (Ruang Diskusi) – Ini adalah ruang yang disediakan kepada siapa saja di LPMP Provinsi Jawa Timur untuk mendiskusikan topik yang spesifik mengenai pendidikan yang dapat dikaitkan dengan Merdeka Belajar, penjaminan mutu pendidikan, Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak, gerakan literasi, maupun penguatan pendidikan karakter dan lain-lain. Topik diskusi bisa dari pengelola atau dari peserta dan terjadwal sebelumnya dengan menghadirkan praktisi pendidikan yang kompeten di bidangnya bila diperlukan.

Saripati dari diskusi itu selanjutnya akan dinarasikan menjadi artikel pendidikan yang harapannya dapat menjadi sumber referensi yang menginspirasi dan memotivasi dunia pendidikan kita untuk berlari menjadi lebih baik . Perlu diingat, peserta diskusi dibatasi maksimal 6 orang.

+Pusat Imajinasi – Ini adalah layanan yang akan menayangkan aneka video, ilustrasi, dan produk-produk kreatif  yang inovatif, inspiratif, atau bahkan menggelitik, yang dibuat oleh para siswa, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dan siapapun yang tertarik. Konten-konten itu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang mengaksesnya.

Di sini juga tersedia Pojok Ilustrasi yang dapat merangsang anak-anak untuk memiliki minat baca melalui visualisasi yang menarik, atau bahkan mendorong mereka untuk ikut berkarya melalui tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya.

MSG (Mikir Sing Genah) untuk Pendidikan – ini adalah layanan yang menghadirkan obrolan-obrolan serius tapi santai terkait pendidikan oleh para widyaprada, pengembang teknologi pembelajaran, guru penggerak, praktisi pendidikan, pengamat pendidikan, para diaspora Indonesia di luar negeri, ataupun masyarakat umum. Diskusi-diskusi itu pada intinya ingin mengajak siapapun untuk ikut memikirkan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

Pergi (Penerjemah Berbagi) ke Sekolah – Ini adalah layanan yang nantinya akan membantu sekolah-sekolah untuk mengetahui secara benar konten-konten terkait praktik baik di bidang pendidikan yang dipublikasikan secara internasional menggunakan bahasa Inggris.

Layanan ini diadakan karena banyak konten berbahasa asing yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk diterapkan namun sayangnya kurang bisa dipahami dengan baik karena kendala bahasa, ketidaktelatenan dan waktu.

Di layanan ini, konten-konten tadi akan dibagikan dalam bahasa Indonesia melalui artikel berbahasa Indonesia dan podcast. Nantinya, tim Jelita juga akan melibatkan kelompok-kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dalam melakukan upaya menerjemahkan itu.

Menariknya, sekolah-sekolah juga dapat mengajukan permintaan untuk menerjemahkan materi berbahasa asing sesuai kebutuhan mereka lho.

Fokus ke Kamu (Kafe Ilmu) – Ini adalah layanan yang berusaha mendokumentasikan dan menginformasikan berbagai praktik baik mengenai pengelolaan perpustakaan dan pengembangannya (khususnya perpustakaan sekolah) yang terdapat di berbagai belahan dunia. Dengan layanan ini diharapkan sekolah-sekolah dapat ‘mencuri ilmu dan ide unik’ untuk mengembangkan perpustakaannya masing-masing sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman dan bermanfaat bagi semua warga sekolah.

Si Jempol (Saluran Informasi Jemput Bola) –Ini adalah sub kategori/layanan/menu yang ingin mengubah paradigma lama pendistribusian informasi ke stakeholder/customer, dengan cara menjemput bola.

Prinsipnya, sudah saatnya bukan stakeholder/customer lagi yang harus bersusah payah mencari informasi (inspirasi/motivasi), tapi informasilah (inspirasi/motivasi) yang mendatangi mereka. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.

Bel (Bantuan Eksplorasi Laman) –Sub layanan ini berguna bilamana ada pembaca yang kebingungan saat bereksplorasi/berselancar mencari informasi-informasi yang mereka butuhkan di website utama lembaga maupun di Jelita

Terobosan ini dianggap sangat membantu karena pemandu dapat langsung berinteraksi dengan para pembaca melalui chat maupun call WhatsApp (WA) di 085732044301 untuk menemukan informasi yang mereka cari dan tersedia di website utama lembaga maupun Jelita disertai sharing berbagai informasi/isu terkini terkait pendidikan

Terkadang di dunia nyata, saat kita tersesat di suatu tempat, pasti kita butuh pemandu dan teman untuk berbagi kan? Begitu juga di platform online.

Jenius (Jendela Informasi dan Musik) –Ini adalah salah satu sub kategori/layanan/menu di website utama lembaga yang akan ‘bermigrasi’ ke ‘Jelita’.

Sub kategori/layanan/menu ini menyajikan ragam info pendidikan dari media-media massa nasional (dalam berbagai bentuk, diantaranya: naskah, foto, audio, video dan infografis) beretalase chat layaknya WhatsApp (WA) diselingi list lagu-lagu kekinian yang ‘easy listening’ sebagai hiburan (rekreatif) bagi pembaca (pengunjung laman).

Di Madu (Mata Dunia) –Inspirasi, motivasi, kreativitas maupun inovasi datangnya bisa  dari mana saja. Begitu pula di pendidikan. Karena itu, Jelita mencoba menayangkan juga informasi-informasi non pendidikan dari luar negeri lewat sub kategori Di Madu, mulai dari seni, budaya, traveling, kuliner, olahraga, pandemi Covid-19, sosial, ekonomi dan lain-lain

Harapannya, dengan makin beragam dan meluasnya wawasan kita, tentu kreativitas, improvisasi maupun inovasi kita untuk berkarya memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul di bidang pendidikan (khususnya jenjang pendidikan dasar dan menengah) juga bervariasi, tidak mentok pada strategi yang itu-itu saja.

DiMadu

Sportivitas (Spot Kreativitas) dan Promo (Produk Motivasi) Kami– Sub kategori/layanan/menu ini mempersembahkan ke pembaca berbagai karya kreatif dan produk-produk motivasi dari para pegawai di LPMP Provinsi Jawa Timur (non JFT/Jabatan Fungsional Tertentu).

Keluaran-keluaran di sini, ‘sementara’ fokus ke infografik dan video-video layanan masyarakat di bidang pendidikan yang membangun atau menjelaskan (menyampaikan) informasi secara kreatif ke pembaca.

Selain semua inovasi di atas, juga masih ada inovasi-inovasi lain yang tak kalah menarik. Di antaranya Toko Ide Dorami (Dongkrak Literasi dan Numerasi), Promo (Program Motivasi) dan Salipan (Saling Liputan) ke Sekolah, Film Akhir Pekan, Kotak Saran (Koran), Melejit (Melek Literasi dan Jurnalisme Digital) lewat Podcast, serta Gemes (Gerakkan Menulis Siswa) sama Guru, dan Penyedia PNS (Portal News Sekolah) Elegan dan Profesional.

(Bagus Priambodo/Foto atau Ilustrasi dipenuhi dari Jelita)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)