Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan

Selasa, 13/04/2021 WIB | 333

Kegiatan Seminar perlu menjadi salah satu program unggulan bagi para peneliti dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan untuk merumuskan beberapa opsi/saran kebijakan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Hal ini mengingat, seminar merupakan cara efektif dalam memberikan masukan konstruktif dalam mengemas ide-ide terkini melalui tukar menukar informasi (sharing) dalam rangka hasil penelitian sehingga lebih berkualitas dan memiliki nilai kebermanfaatan yang juga tinggi pula

Dalam rangka menyediakan informasi untuk perumusan kebijakan, Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak), Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud pada tahun 2020 telah melaksanakan berbagai penelitian dan pengembangan, baik topik-topik yang terkait dengan akses pendidikan, mutu pendidikan, tata kelola pendidikan dan kebudayaan, pembelajaran dan pengajaran, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, merdeka belajar, serta perlindungan, revitalisasi, dan aktualisasi kebudayaan. Selain topik-topik tersebut, pada tahun 2020 Puslitjak juga menyelenggarakan penelitian dan kajian terkait dengan situasi dan kondisi terkini yang dihadapi dunia pendidikan dan kebudayaan, diantaranya yaitu topik-topik terkait dengan pendidikan di masa pandemi COVID-19, pendidikan di era digital, dan dampak pandemi COVID-19 terhadap kebudayaan. Sebagai upaya penyebarluasan dan pemanfaatan penelitian/kajian yang sudah dihasilkan, Puslitjak menyelenggarakan seminar sebagai sarana menyampaikan temuan dan rekomendasi untuk merumuskan kebijakan bagi pengambil kebijakan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Sumber: Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)