Topik:

Dongkrak Kemampuan Literasi Siswa SD di Jawa Timur, LPMP Jatim Berkolaborasi dengan INOVASI

Kamis, 10/03/2022 WIB   510
INOVASI

Kolaborasi INOVASI Jawa Timur dan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Jawa Timur dimulai dengan berbagi ilmu pengetahuan literasi secara bersama. Kegiatan dilakukan dengan moda daring yang dilaksanakan mulai 2-5 Maret 2022. Kegiatan ini memiliki 3 tujuan yakni: Berbagi pengetahuan dan pengalaman implementasi modul Literasi dan Numerasi antara INOVASI Jawa Timur dan LPMP Provinsi Jawa Timur; Mengidentifikasi praktik baik penerapan program Literasi dan Numerasi di wilayah INOVASI Jawa Timur dan LPMP Provinsi Jawa Timur; Memetakan dan mengidentifikasi materi literasi yang paling relevan untuk dijadikan acuan pengembangan materi literasi dan numerasi bersama antara LPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI Jawa Timur; Menyusun Langkah strategis pengembangan program literasi yang berkelanjutan.

Dari pihak LPMP Provinsi Jawa Timur, kegiatan diikuti oleh 18 Widya Prada staff dan 7 PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran). Kegiatan ini juga menghadirkan 2 guru yang merupakan fasda INOVASI Jawa Timur bidang literasi, Kasa Novia Zamora (Guru SDN Beji 1 Batu) dan Qoriatul Azizah (Guru SDN Punten 1 Batu). Untuk tahap awal 2 – 5 Maret difokuskan pada materi literasi untuk bedah modul 1.

Dengarkan juga Podcast MSG (Mikir Sing Genah) untuk Pendidikan di Anchor dan Spotify 

Kegiatan pada 2 Maret 2022 dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur Dr Rizqi, M.Pd. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan berbagi pengetahuan ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk memperkaya pemahaman literasi melalui bedah modul, diskusi dan mendengar langsung cerita praktik baik pengalaman para guru yang kemudian ke depan ditindaklanjuti dengan perancangan kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh LPMP Provinsi Jawa Timur di 38 kabupaten/kota.

“Kegiatan ini menurut saya cukup bagus dan memberikan pengayaan kepada tim LPMP Jawa Timur. Selanjutnya memang dibutuhkan diskusi dari segi anggaran dan program untuk ditindaklanjuti di 38 kabupaten/kota berkaitan implementasi literasi dan numerasi sejalan dengan Program LPMP Jawa Timur,” terangnya.

Di tanggal 5 Maret 2022 Qoriatul Azizah dan Kasa Novia Zamora menjelaskan bagaimana pengalamannya melaksanakan literasi baik di kelas awal maupun kelas tinggi. Kasa menjelaskan bagaimana proses merancang bigbook baik secara manual dan transformasi bigbook ke digital selama pandemi. Azizah menjelaskan bagaimana menangani peserta didik dengan 3 kemampuan berbeda yang diukur dengan running record, melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Masukan dan diskusi interaktif terjadi. Dr Marjuki, M.Pd memberikan apresiasi atas kegiatan literasi yang dilakukan oleh para fasda INOVASI Jawa Timur. Dengan kolaborasi ini, LPMP Provinsi Jawa Timur siap menerima tongkat estafet dari INOVASI Jawa Timur setelah program INOVASI berakhir.

(Dian Kusuma Dewi – STA East Java Communication Officer/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)