Topik:

Belajar Kepemimpinan dari Kepala SD Terbaik di Australia Selatan

Selasa, 13/07/2021 WIB   307
zzz librarteu

Menjadi kepala sekolah tak hanya dibutuhkan kecakapan dan keahlian manajerial, tapi juga kepemimpinan yang andal. Seperti yang terlihat dari sosok Catherine O’Dea, Kepala SD Christies Beach, Australia Selatan.

O’Dea adalah salah satu kepala SD terbaik di wilayah Australia Selatan. Belum lama ini O’Dea terpilih sebagai penerima Beasiswa Kepala Sekolah 2021 untuk mengikuti kursus kepemimpinan di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Dia salah satu dari tiga kepala sekolah luar biasa yang akan mengikuti program pendidikan profesional di Harvard Graduate School of Education. Program ini dirancang khusus untuk memperkuat keterampilan para pemimpin pendidikan.

O’Dea menjadi Kepala SD Christies Beach sejak 2018. Sekolah ini memiliki 270 siswa dari latar belakang yang beragam. Hampir seperempat siswa diidentifikasi sebagai pribumi. 75 persen siswanya dari keluarga tidak mampu, 24 persen menerima dana disabilitas dan 5 persen berada di bawah pengasuhan dan perwalian menteri.

Kondisi ini tak menyurutkan semangat O’Dea untuk memberikan pelayanan prima kepada anak-anak didiknya. Dia bekerja sama dengan lembaga dan layanan lokal serta profesional untuk meminimalisir hambatan yang dihadapi selama proses pembelajaran.

Termasuk di antaranya dalam penyediaan sarapan, klub membaca setiap pagi, program yoga, tari, dan refreshing ke pantai. “Kami bisa melihat pantai di ujung jalan, jadi kami menggunakannya sebagai ruang kelas juga,” katanya.

Salah satu hal yang menjadi fokus perhatiannya adalah menciptakan kecintaan siswa-siswanya untuk membaca dan memahami isi bacaannya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, karena anak-anak didiknya kerap tidak mendapatkan akses bacaan di rumah.

“Seringkali anak-anak kami datang ke sekolah tidak melihat dirinya sebagai pembaca karena itu tidak terjadi di rumah,” katanya.

Lalu bagaimana upayanya agar akses ke buku-buku bisa sampai ke kediaman anak-nak (para siswa)?

Dijelaskan pada artikel sebelumnya

Untuk mendapatkan akses bahan bacaan, O’Dea menjalin kemitraan dengan United Way, sebuah organisasi yang dirintis artis Dolly Parton dari Amerika Serikat.

Dari kerjasama ini, 25 anak prasekolah mendapat paket buku yang dikirimkan ke rumah mereka setiap bulan. “Kami berharap anak-anak ini saat datang ke sekolah tahun depan sudah memiliki beberapa literatur yang sangat kaya,” kata O’Dea.

Selain bekerjasama dengan United Way, sekolah O’Dea juga bekerjasama dengan lembaga lokal di Australia. Lembaga ini membangun taman bacaan atau perpustakaan mini di tangga depan sekolah. Buku-buku di perpustakaan ini dapat ditambahkan atau diambil orang secara gratis.

‘Ini adalah representasi visual dari tujuan sekolah kami,’ tambah O’Dea

Ke depannya, O’Dea berharap bisa bekerja sama dengan pendidik lain dari seluruh dunia untuk mempelajari hal-hal baru dan mendapatkan beberapa perspektif baru.

“Saya akan mendapatkan beberapa ide tentang bagaimana terus melibatkan komunitas. Saya pikir hal yang menarik di sini, saya tidak hanya belajar dari dosen, tetapi juga kepala sekolah lain dari seluruh dunia. Dan, itu yang menggairahkan saya,” katanya.

Hanya saja, keinginan O’Dea ini harus tertunda sementara waktu. Karena pandemi Covid-19 masih terjadi, penerima beasiswa 2021 harus menunggu hingga Juli 2022 untuk bisa ambil bagian dalam kursus di Boston. Meski demikian, O’Dea menganggap itu sepadan dengan apa yang akan diraihnya kelak.

Sambil menunggu, dia akan ambil bagian dalam komunitas sekolahnya. “Saya pikir ini tentang memiliki kesempatan untuk mengasah kepemimpinan dari perspektif yang berbeda dan hanya menunggu waktu untuk mendapatkankannya,” pungkasnya.

Selain O’Dea, dua kepala sekolah lain yang mendapatkan beasiswa pendidikan di Harvard adalah adalah Damien Keel dari Yarrawonga College P-12 di Victoria dan Jenny Boyall dari Katoomba High School di New South Wales. Masing-masing penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah untuk satu dari dua program pendidikan  Pascasarjana di Harvard.

(Bagus Priambodo/Sumber: Teacher Magazine/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)