Topik:

Belajar Bahasa Inggris dari Komedi Situasi ‘Friends’

Sabtu, 05/06/2021 WIB   205
zzz jumbo

Friends adalah sebuah serial komedi situasi televisi buatan Amerika tentang kehidupan enam orang sahabat: Phoebe, Ross, Monica, Chandler, Rachel dan Joey. Serial yang mengambil setting tempat di Manhattan New York itu disiarkan sejak tahun 1994. Sampai kini serial ini masih bisa dinikmati di layanan TV Kabel.

Langgengnya serial Friends membuktikan bahwa serial ini memang memiliki banyak penggemar. Namun siapa sangka, tak sedikit para penggemar, khususnya yang tak menggunakan bahasa Inggris sebagai ibu, menjadikan serial ini sebagai ruang untuk belajar bahasa Inggris.

Dikutip dari The New York Times, Elif Konus, seorang guru dari Turki adalah salah satu yang memanfaatkan serial ini untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa-siswa Internasional di San Jose, California, Amerika Serikat. Dia mendesain sesi-sesi pelajaran bahasa Inggris yang sepenuhnya dibuat dengan merujuk pada episode-episode serial Friends.

Menurut Konus, dia melakukan ini karena banyak anak muda yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu, menyukai serial Friends. Bahkan, meski sudah 17 tahun berlalu sejak episode final Friends ditayangkan, serial ini masih ditonton secara sindikasi di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa tayangan itu dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran. Apalagi, drama-drama yang dimainkan para lakon Friends, masih relevan dengan gaya hidup anak-anak muda masa kini. Menurut Konus pula, selain menghibur, serial Friends juga mengetengahkan isu-isu yang universal di kalangan anak muda.

Beberapa tokoh terkenal pun menjadikan serial tersebut untuk belajar bahasa Inggris. Sebut saja di antaranya adalah Jurgen Klopp, pelatih sepakbola asal Jerman yang saat ini melatih klub raksasa sepakbola asal Inggris, Liverpool. Selain itu ada beberapa pemain bisbol liga utama di Amerika Serikat yang berdarah Spanyol. Ada pula Kim Nam-Joon, member boyband  asal Korea Selatan, BTS, yang mengaku juga belajar bahasa Inggris dari serial Friends.

Mengukur popularitas “Friends” sebagai sumber pengajaran tidaklah mudah karena begitu banyak orang yang menontonnya. Namun, para pengajar bahasa Inggris yang menyarankan film ini, mendapat fakta bahwa channel Youtube mereka yang berisi tayangan Friends untuk belajar bahasa Inggris, mendapat kunjungan yang signifikan.

Salah satunya diceritakan Rachel Smith, seorang pengajar bahasa Inggris yang mengunggah konten belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan tayangan Friends. Dia mengaku video yang dia unggah pada 2019 rata-rata dikunjungi 839 kali. Para pengunjung channel Youtube-nya rata-rata berasal dari Vietnam, India, Brazil, Jepang, Filipina, dan Korea Selatan.

Dia menjelaskan, beberapa tayangan televisi Amerika sebenarnya juga dapat dimanfaatkan sebagai media belajar bahasa Inggris. Namun tetap dia mengatakan bahwa serial Friends adalah yang terbaik karena mudah dipahami dan skenarionya sangat mendekati kehidupan sehari-hari.

Hal yang sama diceritakan Kim Sook Han, seorang pengajar bahasa Inggris asal Korea Selatan yang mengelola channel Youtube yang berisi pelajaran bahasa Inggris. Dia mengatakan bahwa tayangan Friends tak hanya membantunya mengajar bahasa Inggris, tetapi juga telah membantunya memahami budaya Amerika.

(Bagus Priambodo/Sumber: The New York Times/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari  The New York Times)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)