Topik:

Belajar Bahasa Inggris dan Belajar Budaya Sekaligus melalui Film

Rabu, 16/06/2021 WIB   472
zzz zfriend

Belajar sejatinya tidak harus dilakukan semata hanya di dalam ruang kelas. Karena belajar bisa dilakukan di mana saja, maka setiap hal pun seharusnya juga bisa menjadi guru.

Film misalnya, bila dimanfaatkan dengan benar, bisa menjadi alat pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Salah satu serial drama komedi situasi yang banyak dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris adalah serial Friends. Meski sudah 17 tahun berlalu sejak episode finalnya ditayangkan di televisi, nyatanya serial tersebut masih dipakai untuk pembelajaran bahasa Inggris karena masih mudah disaksikan lagi di digital platform seperti Youtube dan Netflix.

Jamie Ouyang, perempuan asal China yang sempat berkuliah di Ohio, Amerika Serikat, menyatakan bahwa serial Friends masih relevan dipakai sebagai alat untuk belajar bahasa Inggris karena masih dapat diakses oleh anak-anak muda masa kini. Perempuan yang kini bekerja sebagai produser film di Beijing itu menyatakan pula bahwa dari serial Friends, dia tak hanya belajar mengenai bahasa Inggris, tetapi juga belajar budaya di Amerika. Hal itulah yang kemudian membuatnya percaya diri ketika menempuh pendidikan di Amerika Serikat dan bertemu dengan orang-orang yang baru.

Angela Larrea Espinar, seorang profesor bahasa Inggris di University of Cordoba, Spanyol, berpendapat bahwa metode belajar bahasa asing terus menerus mengalami perkembangan selama 2 dekade terakhir. Semula, bahasa asing diajarkan dengan pendekatan komunikatif yang menitikberatkan pada persoalan grammar. Sedangkan saat ini, pembelajaran bahasa asing juga melibatkan pendekatan lintas budaya. Pendekatan lintas budaya inilah yang sulit untuk diterapkan dalam buku-buku teks pembelajaran bahasa asing.

Menurut Angela, budaya adalah hal yang sangat sulit diajarkan mealui text books. kalaupun dilakukan, umumnya yang muncul adalah stereotypes terhadap budaya tertentu.

Untuk menghindari jebakan textbook ini, Konus, perempuan yang mengajar bahasa Inggris di California, sudah menerapkan rencana pembelajaran berdasarkan serial Friends. Salah satu yang dia ingat, dia pernah memberi pertanyaan seputar apakah benar Monica (salah satu karakter dalam serial Friends yang diperankan oleh Courteney Cox), diundang menghadiri pernikahan Rachel? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, siswa-siswanya harus menonton episode pertama serial Friends yang mempertemukan Rachel dengan 5 lakon lainnya.

Menurut Konus, siswa-siswanya yang berasal dari berbagai negara seperti Brazil, China, Kolumbia, Jepang, Korea Selatan, serta Turki, umumnya menyukai model pembelajaran tersebut. Tak hanya menyukai metodenya, belakangan mereka juga tergila-gila menonton setiap episode serial komedi situasi tersebut. Saking tergila-gilanya, saat bertemu dengan teman-temannya sesama pembelajar bahasa Inggris, siswa-siswanya kerap menirukan aksen atau cara bicara salah satu tokoh di serial itu.

Jadi, kalau anda ingin menambah belajar bahasa Inggris lewat cara yang menyenangkan, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu menonton serial Friends. Sambil belajar, dapat hiburan bukan?

(Bagus Priambodo/Sumber: The New York Times/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari  Google Image)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)