Topik:

BBPMP Jatim dan Guru Belajar Bareng Pembuatan Video Pembelajaran untuk PMM

Sabtu, 09/07/2022 WIB   295
WhatsApp Image 2022-07-08 at 14.46.37

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur menggandeng INOVASI untuk bersama-sama melaksanakan pelatihan video pembelajaran bertajuk “Belajar Bareng Video Pembelajaran Inspiratif oleh BBPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI”. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari beberapa waktu lalu yakni pada 28-30 Juni 2022. Kegiatan dibuka langsung oleh Plt Kepala BBPMP Provinsi Jawa Timur Dr Rizqi.

Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangatlah penting untuk membekali para staf BBPMP Provinsi Jawa Timur dan guru dalam membuat video pembelajaran yang inspiratif sehingga nantinya dapat diunggah ke Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan menginspirasi yang lain.

“Saya menyambut baik dan mendukung kegiatan ini, dimana nantinya para staf BBPMP dan guru memiliki wawasan yang lebih luas terkait pembuatan video pembelajaran dan dapat segera mengaplikasikannya dan mengunggah di PMM. Dengan begitu mereka ikut berkontribusi dan menjadi bagian dalam peningkatan kualitas guru dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” ungkap Rizqi.

Kegiatan ini diikuti oleh 6 staf BBPMP Provinsi Jawa Timur dan 6 guru mitra INOVASI dari Kab Sumenep, Kab Probolinggo, Kota Surabaya, Kab Lamongan dan Kota Batu. Narasumber yang hadir mengisi kegiatan ini adalah dari INOVASI dan Seno Bramantio seorang videografer yang sudah memiliki pengalaman 19 tahun dalam membuat video pendidikan.

Di hari pertama seluruh peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya pembuatan naskah (script) dan praktik langsung pembuatan naskah. Selanjutnya peserta diberikan pemahaman tentang pengambilan gambar video yang baik oleh Seno.

Di hari ke-2 seluruh peserta melakukan praktik pengambilan video dan di hari ke-3 peserta diminta mengedit video dan mempresentasikannya. Tak lupa peserta juga diberikan pemahaman tentang PMM, apa saja menu-menunya, jenis video dan cara mengunggahnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat membuat video-video inspiratif yang selanjutnya dapat diunggah ke PMM.

Rini peserta dari BBPMP Provinsi Jawa Timur mengungkapkan pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman baru tentang strategi membuat video pembelajaran yang berkualitas.

“Saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat dan ke depan sesuai tupoksi kami yang baru yang sebentar lagi akan pindah ke Balai Besar Guru Penggerak, kami dapat melatihkan ini kepada seluruh guru-guru di Jatim,” ungkap Rini.

Jihad, peserta guru dari MI Muhammadiyah 5 Palirangan Kab Lamongan merasakan mendapat manfaat yang luar biasa dari kegiatan ini. “Dulu saya kalau membuat video langsung saja dibuat. Ternyata untuk membuat video berkualitas butuh persiapan dan script yang matang sehingga hasilnya juga lebih bagus,” tegasnya.

(Dian Kusuma Dewi, STA East Java Communication Officer INOVASI Jawa Timur/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan INOVASI Jawa Timur)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)